Sukses

Bingung Cara Atasi Rambut Rontok? Coba 5 Cara Alami Ini

Melihat rambut berjatuhan di lantai setelah menyisir mungkin rasanya mengesalkan.

Liputan6.com, Jakarta Melihat rambut berjatuhan di lantai setelah menyisir mungkin rasanya mengesalkan. Namun, dalam beberapa kasus rambut rontok ternyata tidak melulu mengenai shampoo yang tidak cocok. Bisa saja rambut Anda kurang sentuhan alami.

Umumnya, rambut rontok tergolong wajar bila gugur sebanyak 50-100 helai rambut dalam sehari. Apabila jumlah tersebut kian bertambah setiap harinya, maka perlu diwaspadai karena sudah tergolong berlebihan.

Faktor-faktor penyebab rambut rontok bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan protein, kelebihan vitamin A, hingga faktor keturunan. Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok ala Liputan6.com yang merangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas dapat membuat rambut menjadi kering. Sebum atau lapisan kulit kepala yang merupakan lapisan minyak yang dapat terkikis bila Anda terlalu sering keramas. Selain itu, rambut akan mudah lepek dan cenderung lebih kusam. Alasannya karena kulit kepala menjadi lebih kering dari sebelumnya. Kandungan detergen dalam shampoo dapat mengakibatkan kering.

Kegiatan mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosok terlalu kencang juga dapat menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, untuk menghindari kerontokan, disarankan untuk keramas sebanyak 1-3 kali saja dalam seminggu.

 2. Sisir Rambut Dengan Lembut

Menyisir rambut adalah salah satu metode penataan rambut. Menyisir rambut dengan kasar atau kencang tentunya akan menambah kerontokan dan tidak menyelesaikan masalah rambut kusut.

Mengutip dari Suara.com, menyisir rambut dengan lembut akan membuat minyak alami (sebum) pada rambut dapat terdistribusikan dengan baik dan merata ke seluruh rambut. Kemudian, sisirlah rambut sesuai kebutuhan. Biasakan gunakan sisir dengan bergigi lebar atau berbulu lembut sehingga Anda tidak perlu menarik rambut terlalu kencang.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat 

Pola hidup sehat tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi rambut Anda juga. Kerap kali, kondisi tubuh yang stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab rambut rontok. 

Hal tersebut bisa dilakukan dengan olahraga teratur, melakukan meditasi, punya jam tidur yang cukup sekitar 7-8 jam, dan meredakan stress.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Gunakan Perawatan Alami

 

Dalam mengatasi rambut rontok, perlu bantuan alami secara eksternal untuk merawat kulit kepala. Bahan-bahan alami yang cocok untuk merawat kulit kepala antara lain, lidah buaya, minyak kelapa, kuning telur, minyak rosemary, dan minyak geranium.

Penggunaan bahan-bahan alami di atas dapat langsung dioleskan ke kulit kepala sebelum dan sesudah keramas. Kandungan alami seperti vitamin C, vitamin A, asam amino, asam lemak  akan membantu membantu menutrisi kulit kepala, melembabkan, mencegah rambut rontok, hingga merangsang pertumbuhan rambut.

5. Makan Makanan Bernutrisi

Asupan nutrisi yang cukup dapat mengatasi rambut rontok secara alami. Konsumsi makanan yang cukup protein, memiliki kandungan omega-3 seperti telur dan salmon untuk kulit kepala yang sehat dan rambut yang berkilau.

Melansir dari Alodokter.com, asupan vitamin A,B, C, D, dan E juga penting untuk menyuburkan rambut, menjaga kesehatan kepala, dan mengatasi rambut rontok. Sementara itu, untuk makanannya Anda dapat  mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan daging. Asupan makanan diatas akan menyumbang vitamin A, B, dan beta-karoten untuk pertumbuhan rambut.

Reporter: Caroline Saskia Tanoto

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini