Sukses

Tips Kesehatan buat yang Berumur 60 Tahun Keatas

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berusia 60 tahun saat ini atau memiliki orang tua dengan usia serupa, pasti diminta untuk menjalankan diet sehat, berolahraga, dan membuang kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau minum berlebihan.

Meskipun kerusakan mungkin telah terjadi pada sistem, menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti itu dapat menambah beberapa tahun lagi dalam hidup.

Ini adalah masa ketika kehamilan, membesarkan anak, dan menopause telah berlalu, dan ada banyak waktu tersisa untuk melakukan semua hal yang sebelumnya tidak sempat dilakukan, tetapi dapat dilakukan sekarang asalkan tetap bugar.

Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa tips kesehatan yang wajib dilakukan saat berusia 60 tahun keatas.

1. Makan makanan yang sehat

Buah-buahan, sayuran, produk susu, sereal, daging tanpa lemak, sup, susu dan jus menghasilkan vitamin, mineral, vitamin, protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, asam folat, kalium, lemak omega-3 dan fitonutrien, yang sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Makanan seperti roti gandum dan jeruk menyediakan serat yang memungkinkan tubuh untuk membuang kolesterol 'jahat' dan mencegah sembelit, kalsium dan vitamin D mencegah osteoporosis, potasium melawan penyakit jantung, dan fitonutrien melarang perubahan terjadi dalam DNA, mencegah kanker dan proses penuaan.

2. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi

Waspadai dehidrasi. Minum banyak air akan membantu Anda menjaga cairan tubuh, menjaga tubuh bebas dari racun berbahaya dan mencegah sembelit, membuat buang air besar lebih mudah.

Tetapi saat ini Anda harus mengurangi asupan gula dan garam.

 

2 dari 2 halaman

3. Konsultasikan dengan dokter

Beri tahu dokter tentang riwayat kesehatan keluarga Anda, karena penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes, dapat berasal dari generasi sebelumnya.

Konsultasikan dengan dokter kandungan pula untuk saran apa pun yang Anda pikir perlu dan lakukan tes apa pun yang disarankan dokter. Jangan memulai atau menghentikan terapi apa pun sendiri.

4. Berolahraga Secara Teratur

Karena orang tua lebih rentan jatuh dan mungkin menderita ketidakseimbangan atau tidak menikmati kesehatan fisik yang sehat, bahkan sedikit olahraga selama setidaknya dua hari dalam seminggu akan bermanfaat bagi mereka.

Ini dapat mencakup tarian lambat, bersepeda di tanah datar, bermain ganda, berjalan cepat, atau berlatih yoga. Bagi Anda yang sehat secara medis, dianjurkan untuk melakukan aktivitas setengah jam setiap hari yang terdiri dari jogging, berenang, bersepeda cepat, melakukan aerobik dan melakukan latihan penguatan otot.

5. Tidur nyenyak

Penting bagi Anda yang memiliki usia 60 tahun keatas untuk tidur nyenyak selama tujuh sampai delapan jam setiap hari. Ini akan bermanfaat untuk memiliki kehidupan yang lebih sehat.