Sukses

Survei: Akibat Pandemi, Milenial Putuskan untuk Tunda Miliki Anak

Pandemi Covid-19 telah membuat prospek milenial yang lebih tua yang ingin memulai atau memperluas keluarga mereka menjadi lebih tidak pasti.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 telah membuat prospek milenial yang lebih tua yang ingin memulai atau memperluas keluarga mereka menjadi lebih tidak pasti.

Sekitar seperempat milenial yang lebih tua mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk menunggu lebih lama untuk memiliki anak karena pandemi, menurut survei yang baru-baru ini dilakukan oleh The Harris Poll atas nama CNBC Make It. Survei tersebut dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa AS berusia 33 hingga 40 tahun.

Mengutip CNBC, Minggu (23/5/2021), beberapa bahkan menghindari memiliki anak sama sekali. Sekitar 19 persen generasi milenial yang lebih tua mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak memiliki anak atau anak tambahan saat ini karena pandemi, menurut survei tersebut.

Di antara mereka yang merasa tidak ingin memiliki anak setelah pandemi, alasan paling umum adalah mereka tidak ingin melahirkan anak sekarang, yang diikuti oleh ketidakpastian tentang ekonomi.

Tetapi, banyak dari kelompok milenial ini sudah menunggu hingga usia 30-an untuk mulai berpikir serius tentang memiliki anak, sebagian alasannya adalah karena harus membayar hutang pinjaman pelajar (student loan debt) dan dampak Resesi Hebat (Great Recession) di pasar kerja. 

Sekarang, pandemi semakin mempersulit generasi milenial yang lebih tua untuk memulai atau mengembangkan keluarga mereka.

Dalam banyak kasus, umumnya karena kondisi kesehatan global dan krisis ekonomi yang telah menyebabkan terbatasnya akses ke perawatan kesehatan. Sehingga, menimbulkan kekhawatiran tentang risiko kehamilan, meningkatnya stres, dan menciptakan hambatan mental dan emosional yang akan mempersulit memulai keluarga.

Bagi kaum milenial yang sudah berusia antara 33 dan 40 tahun, penantian tambahan tersebut dapat menimbulkan lebih banyak tantangan pada rencana untuk memulai atau memperluas keluarga mereka. 

Sebab, semakin tua usia wanita maka akan semakin sulit untuk hamil dan melahirkan tanpa intervensi medis, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists.

Untuk wanita yang memiliki anak berusia 30-an, itu berarti butuh waktu lebih lama untuk hamil atau melibatkan lebih banyak risiko.

Pada usia 40 tahun, usia milenial tertua pada tahun ini, wanita memiliki peluang kurang dari 5 persen untuk hamil setiap bulan. Bahkan pada usia 35, kebanyakan wanita hanya memiliki peluang 15 persen hingga 20 persen untuk hamil setiap bulan. 

Kemungkinan yang lebih rendah untuk hamil dapat menyebabkan beberapa milenial yang lebih tua menghabiskan lebih banyak uang untuk perawatan kesuburan dan bahkan adopsi dan ibu pengganti jika metode tradisional gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Milenial yang lebih tua mengalami 'pukulan ganda' dalam hal memiliki anak

Meskipun masih terlalu dini untuk mengatakan apa dampak pandemi terhadap tingkat kelahiran khususnya di kalangan milenial yang lebih tua, data menunjukkan bahwa orang Amerika biasanya memiliki lebih sedikit anak selama dan segera setelah kemerosotan ekonomi, kata Phillip Levine, seorang profesor ekonomi di Wellesley College yang telah mempelajari tingkat kelahiran.

Milenial yang lebih tua, misalnya, berusia awal dan pertengahan 20-an yang berada pada puncak masa subur ketika krisis keuangan 2008 dan Resesi Hebat berikutnya melanda.

Sebelum krisis ekonomi itu, generasi milenial yang lebih tua memiliki anak dengan kecepatan yang kurang lebih sama dengan generasi sebelumnya. 

Tetapi, Levine mengatakan angka itu turun drastis sesudahnya.  "Resesi Hebat benar-benar melanda mereka pada saat yang tidak tepat dalam hidup mereka," katanya.

Sekarang, pandemi virus corona telah memicu apa yang disebut dengan "baby bust" bagi keluarga Amerika, dengan para peneliti Brookings Institute memperkirakan jumlah kelahiran di AS akan turun setidaknya 300.000 tahun ini.

“Naluri awal banyak orang adalah berpikir bahwa kami akan memiliki lebih banyak bayi karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Ternyata memiliki anak, sedikit lebih rumit dari itu,” kata Levine, yang ikut menulis laporan Brookings.

Tetapi, Levine mengatakan milenial yang lebih tua telah dilanda "pukulan ganda" sejak mereka mengalami dua krisis ekonomi selama tahun-tahun subur mereka. Artinya, kemungkinan besar kelompok ini tidak akan memiliki anak sebanyak generasi sebelumnya, tambahnya.

Bagi Miriam Ali, seorang pengacara berusia 36 tahun yang berbasis di California yang mengkhususkan diri dalam perencanaan perumahan, pandemi tersebut memperkuat keputusannya untuk tidak memiliki anak. Meskipun Ali dan suaminya telah bersama selama 17 tahun, mereka awalnya menunda memulai sebuah keluarga sebagian karena masalah keuangan mereka.

“Ketika saya lulus pada tahun 2009, itu adalah saat-saat kegilaan Resesi Hebat,” kata Ali. Itu membuat pekerjaan [di bidang hukum] yang bagus sulit didapat dan memaksanya untuk bangkit selama beberapa tahun. 

“Itu bukan [jumlah] uang yang bagus,” katanya.

Suaminya juga kesulitan, terutama selama pemogokan penulis Hollywood tahun 2007, yang sangat memengaruhi awal karirnya sebagai editor dan manajer media digital di industri hiburan.

Ketika segala sesuatunya mulai berbalik, Ali menambahkan keinginan itu sudah tidak ada. 

“Pintunya tertutup. Sudah tertutup. Itu terkunci. Dan kemudian pandemi pasti memasang baut di tempatnya," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Pandemi pacu generasi milenial tua habiskan lebih banyak uang untuk punya anak

Pandemi mungkin menandai akhir dari keinginan beberapa milenial yang lebih tua untuk memiliki anak. 

Tapi itu juga bisa berarti bahwa mereka yang menunggu dan masih menginginkan anak akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk perawatan infertilitas, adopsi, ibu pengganti, dan bahkan tagihan medis untuk kehamilan berisiko tinggi.

Biaya rata-rata bayi yang lahir cukup bulan dan sehat tanpa komplikasi adalah sekitar USD 5.085 selama tahun pertama mereka, menurut analisis oleh Truven Health Analytics. Tetapi, biaya rata-rata untuk bayi prematur adalah USD 55.393.

Sedangkan, banyak dari biaya tambahan yang dihadapi generasi milenial yang lebih tua mungkin tidak ditanggung oleh asuransi. Hanya sekitar 17 persen pemberi kerja yang menawarkan bantuan keuangan untuk adopsi, yang biayanya antara USD 15.000 dan USD 40.000. 

Hanya sekitar 24 persen pemberi kerja yang menawarkan tunjangan yang mencakup pertanggungan untuk fertilisasi in vitro, menurut organisasi nirlaba International Foundation of Employee Benefit Plans. Dari segi peraturan, hanya 13 negara bagian yang mewajibkan perusahaan asuransi menanggung biaya proses ini.

Harga bayi tabung saja bisa membuat anak-anak tidak terjangkau oleh beberapa pasangan. Biaya IVF rata-rata sekitar USD 23.000 per siklus, dan banyak wanita membutuhkan banyak siklus agar kehamilannya berhasil. 

Hanya sekitar 12 persen wanita usia 15 hingga 49 tahun di seluruh negeri telah menggunakan layanan infertilitas, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Dalam banyak kasus, biaya tinggi adalah penyebabnya, kata Levine.

Annabel Adams, seorang profesional pemasaran dan komunikasi berusia 37 tahun untuk UC Irvine, dan suaminya, Brian, telah menghabiskan hampir USD 32.000 untuk biaya IVF sendiri. 

Karena perusahaan Adams tidak menanggung IVF, dia beralih ke asuransi suaminya setelah putaran pertamanya gagal, karena perusahaan suaminya menyediakan hingga USD 15.000 untuk biaya kesuburan seumur hidup.

Pasangan itu mulai mencoba memiliki anak dua tahun lalu setelah menunggu untuk melunasi pinjaman mahasiswa mereka, mendapatkan pekerjaan yang stabil dan menabung untuk sebuah rumah. 

“Saya tidak akan mengatakan kami menunda memiliki anak, tetapi kami sangat sengaja mencoba memiliki anak ketika kami merasa bahwa situasi yang kami berikan kepada seorang anak akan memungkinkan mereka untuk berkembang,” kata Adams.

Adams langsung hamil, tapi keguguran pada usia 12 minggu. Kemudian, itu terus terjadi. Adams telah kehilangan lima kehamilan selama dua tahun. 

Dokter menemukan dia memiliki masalah genetik langka yang menyebabkan keguguran. Meskipun, Adams masih mungkin memiliki bayi yang sehat secara alami, namun itu jauh lebih sulit. Pada titik ini, Adams mengatakan dokter memberitahu dia bahwa IVF adalah rute terbaik.

“Anda akan berpikir bahwa pertanggungan USD 15.000 akan cukup, bukan? Salah," kata Adams, menambahkan bahwa tagihan masih masuk. 

Meskipun tidak ada jaminan pasangan tersebut akan dapat memiliki anak bahkan dengan IVF, Adams mengatakan dia akan dapat melanjutkan hidup jika tidak berhasil. 

“Saya tidak ingin hidup saya hanya menjadi keputusasaan demi keputusasaan,” katanya. 

“Salah satu cara kami beradaptasi adalah dengan tidak bergantung pada kebahagiaan kami pada hal-hal yang berada di luar kendali kami,” pungkasnya.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.