Sukses

Toyota Astra Motor Hadirkan Mobil Listrik Pintar di Bali

PT Toyota-Astra Motor dalam ulang tahun ke-50 tahun Toyota di Indonesia menghadirkan proyek EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali.

Liputan6.com, Jakarta PT Toyota-Astra Motor dalam ulang tahun ke-50 tahun Toyota di Indonesia berkomitmen terus mengembangkan pasar mobil listrik pintar di pasar domestik. Itu diwujudkan salah satunya lewat proyek EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali.

"Ke depannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi. Tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka," kata President Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda, Rabu (31/3/2021).

Matsuda mengatakan, Toyota mulai mempopulerkan kendaraan elektrifikasi sejak 2009 dengan memperkenalkan Prius Hybrid Electric Vehicle.

Sejak itu, teknologi elektrifikasi Toyota terus berkembang, dan kini TAM memiliki 10 lineup kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari 1 Battery Electric Vehicle (BEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV).

"Secara total sejak awal diperkenalkan hingga Februari 2021 lalu, TAM telah membukukan penjualan kendaraan elektrifikasi lebih dari 4.000 unit, dan akan terus melakukan upaya untuk menciptakan permintaan kendaraan listrik dalam skala besar," ujar Matsuda.

Dalam rangka memperingati perjalanan 50 tahun di Indonesia, Toyota juga menghadirkan ecotourism yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi berteknologi (BEV) dan (PHEV).

Adapun proyek mobil listrik pintar milik Toyota di Indonesia juga didukung oleh 13 partnership, yakni PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT KDDI Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Sugity Creatives, PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia.

Selain itu, Toyota juga bekerjasama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang akan menangani aktivitas operasional proyek EV Smart Mobility.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro mengatakan, Astra beserta pihak prinsipal ingin turut mempopulerkan teknologi ekektrifikasi di Bali dan Indonesia, termasuk mobil listrik pintar.

"Kami harap project EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kendaraan elektrifkasi, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik," ungkapnya.

Proyek mobil listrik pintar atau EV Smart Mobility ini menyediakan 3 lineup kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit, yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV. Kendaraan tersebut telah disiapkan khusus untuk proyek ini.

Full Battery EV yaitu Toyota COMS dan C+pod dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya, agar proyek ini dapat mendukung ecotourism di area tersebut.

Sementara Toyota Prius PHEV dapat digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lainnya

Tidak hanya itu, Toyota juga melengkapi unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dengan fitur Digital Key. sehingga pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital, mulai dari booking, payment, hingga akses seperti membuka dan mengunci pintu mobil dan juga menyalakan mobil hanya dengan menggunakan smartphone pengguna.

Lebih dari itu, sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan green dan renewable energy, di proyek EV Smart Mobility juga dilengkapi dengan teknologi panel matahari atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota.

Layanan proyek mobil listrik pintar ini tersedia di stasiun depan central parkir The Nusa Dua, di depan Bali Collection. Selain itu, layanan juga tersedia di stasiun pada area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua, dan dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan, dengan menginisiasi ecotourism yang terintegrasi dengan produk-produk Toyota di dalam proyek mobil listrik pintar ini, pihaknya berharap lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraan BEV dan PHEV Toyota.

"Kami juga akan mengumpulkan umpan balik yang berharga dari pengguna, agar kami dapat lebih memahami keuntungan dan tantangan dari setiap jenis kendaraan elektrifikasi, serta kebutuhan masyarakat, yang akan membantu kami untuk meraih komitmen kami terhadap Page 3 of 4 elektrifikasi masal di Indonesia," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.