Sukses

Dapat Mencegah Depresi, Ini Manfaat Lain Mandi Air Dingin

Liputan6.com, Jakarta Mandi pagi dengan air dingin, banyak dilakukan orang. Selain itu, mandi dengan air dingin juga memiliki banyak manfaat.

Mandi dengan air dingin bukan berarti langsung mencelupkan diri ke dalam air dingin, tetapi mulailah dengan air hangat, dan menggantinya dengan air dingin.

Melansir dari laman magforwoman, di bawah ini beberapa manfaat mandi air dengan dingin.

1. Meningkatkan sirkulasi

Air hangat menyebabkan darah mengalir ke kulit, sedangkan air dingin membalikkannya dengan membuat darah mengalir ke organ untuk menjaganya tetap hangat.

Ini meningkatkan sirkulasi yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Sirkulasi yang sehat akan mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mempercepat waktu pemulihan dari olahraga yang sangat berat.

2. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Anda selalu diminta untuk membasuh wajah dengan air hangat karena dapat membuka pori-pori. Pori-pori harus dibersihkan secara menyeluruh, tetapi penting juga untuk menutupnya, seperti halnya air dingin.

Ini mencegah pori-pori mudah tersumbat oleh minyak dan kotoran yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Itu juga membuat pembuluh darah mengerut, yang mengurangi bengkak di wajah dan mencegah munculnya lingkaran hitam.

Untuk rambut, ia melakukan hal yang sama dengan kulit. Ini menutup kutikula, yang membuat kulit kepala Anda lebih sehat dan mencegah kotoran mudah menumpuk di kulit kepala.

Air panas diketahui dapat membersihkan minyak alami dari kulit, yang dikompensasikan oleh tubuh Anda, dengan menghasilkan lebih banyak minyak, yang tidak selalu terjadi. Ini bisa menyebabkan kulit berminyak atau kering. Karenanya, mandi air dingin adalah pilihan yang lebih baik untuk hal yang sama.

2 dari 2 halaman

3. Memperkuat kekebalan

Studi menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mandi dengan air dingin memiliki jumlah sel darah putih yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memilih mandi air hangat.

Sel darah putih adalah sel sistem kekebalan yang terlibat dalam pertahanan tubuh dari infeksi, penyakit, dan benda asing. Tingkat metabolisme yang meningkat, dari mandi air dingin, disebabkan oleh tubuh Anda berusaha untuk menghangatkan diri, mengaktifkan sistem kekebalan dan menciptakan lebih banyak sel darah putih.

4. Mencegah depresi dan meningkatkan kesejahteraan umum

Mandi air dingin dikatakan dapat menstimulasi otak, sumber utama noradrenalin, yang membantu meredakan depresi. Ini juga menyeimbangkan sistem saraf otonom, yang tidak hanya membuat Anda tetap waspada tetapi juga rileks dan mengurangi stres.

Bagian tersulit dari mandi air dingin adalah momen-momen awal ketika semburan air dingin menghantam. Tapi, seperti yang biasa terjadi pada tubuh manusia, pada akhirnya Anda akan beradaptasi dengan itu.

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa