Sukses

Hal Tabu yang Tak Boleh Dilakukan di Tahun Baru Imlek

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Imlek China atau yang biasa dikenal dengan sebutan Imlek merupakan festival terpenting bagi orang Tiongkok. Tahun ini perayaan tersebut jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Pada tahun ini akan dimulai dengan tahun kerbau.

Sebutan lainnya yakni Festival Musim Semi yang memiliki sejarah lebih dari 3.000 tahun. Perayaan ini berasal dari penyembahan kuno langit dan bumi. Selama berabad-abad, tradisi baru ditambahkan dan perayaan menjadi lebih berorientasi pada hiburan.

Sepanjang Tahun Baru China beredar beberapa kepercayaan orang Tiongkok mengenai hal-hal tabu yang tidak boleh dilakukan pada saat perayaan ini berlangsung. Melansir dari laman china highlights, berikut beberapa hal tabu dilakuka saat Tahun Baru Imlek. Apa saja?

1. Minum obat

Tabu bagi kebanyakan orang yang merayakan Tahun Baru China untuk menyeduh jamu atau meminum obat pada hari pertama perayaan. Hal tersebut diyakini akan membawa nasib buruk yakni sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat, setelah lonceng mengumumkan Tahun Baru China, orang-orang yang sakit mematahkan empedu (pot obat) mereka dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun mendatang.

2. Menyapu atau membuang sampah

Tindakan menyapu pada hari perayaan tersebut dikaitkan dengan menyapu kekayaan. Membuang sampah melambangkan membuang keberuntungan atau keberuntungan yang dimiliki dari rumah.

3. Makan bubur dan daging untuk sarapan

Bubur tidak boleh dimakan, karena dianggap hanya orang miskin yang memakan bubur untuk sarapan pagi, dan orang tidak ingin memulai tahun yang baru dengan kemiskinan karena itu tentu menjadi pertanda buruk.

Selain itu, daging tidak boleh dimakan saat sarapan memiliki alasan untuk menghormati dewa Buddha yang diyakini menentang pembunuhan hewan, karena semua dewa diharapkan keluar untuk bertemu dan mengucapkan selamat tahun baru satu sama lain.

2 dari 4 halaman

4. Mencuci pakaian dan rambut

Orang tidak mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua. Itu karena dua hari awal diperingati sebagai hari lahir Shuishen (水 神, Dewa Air).

Rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama tahun lunar. Dalam bahasa Cina, rambut memiliki pengucapan yang sama dengan fa in facai yang berarti 'menjadi kaya'. Oleh karena itu, dipandang sebagai bukan hal yang baik untuk membasuh kekayaan di awal tahun baru.

5. Menjahit 

Penggunaan pisau dan gunting sangat harus dihindari untuk setiap kecelakaan, baik yang merugikan seseorang maupun alat yang diperkirakan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak menguntungkan dan menipisnya kekayaan di tahun mendatang.

6. Anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya

Anak perempuan yang sudah menikah dilarang mengunjungi rumah orang tuanya, karena diyakini akan membawa kesialan bagi orang tuanya sehingga menyebabkan kesulitan ekonomi bagi keluarga.

Secara tradisional, seorang anak perempuan yang sudah menikah baru diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

3 dari 4 halaman

7. Anak menangis

Saat Tahun Baru China tiba, bagi orang tua yang memiliki anak bayi diharuskan menjaga anaknya lebih ketat. Tangisan seorang anak diyakini akan membawa kesialan bagi keluarga, sehingga orang tua berusaha sebaik mungkin agar anak tidak menangis dengan cara apapun yang memungkinkan.

8. Tidak mengunjungi rumah sakit

Kunjungan ke rumah sakit selama periode ini diyakini akan membawa penyakit kepada orang tersebut selama satu tahun mendatang. Oleh karena itu kunjungan ke rumah sakit dihindari oleh banyak orang pada perayaan Tahun Baru China ini, kecuali dalam keadaan darurat yang ekstrim.

9. Wadah nasi tidak boleh kosong

Jagalah agar wadah nasi di rumah tetap terisi. Hal ini menyebabkan kecemasan yang parah, karena berhenti memasak selama periode Tahun Baru adalah pertanda buruk.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini