Sukses

Tiap Bagian dari Pizza Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan bila Dimasak Benar

Liputan6.com, Jakarta Salah satu makanan yang paling dicintai di dunia, yakni pizza. Makanan ini dapat membuat acara apa pun menjadi istimewa. Kita semua tahu betapa enaknya makanan tersebut, sekarang saatnya untuk mengetahui seberapa sehat pizza bisa untuk Anda.

Melansir dari magforowman, berikut beberapa manfaat kesehatan dari makan pizza.

1. Kerak

Adonan pizza terbukti sangat sehat. Ini sangat kaya akan antioksidan, dan jika menggunakan teknik memanggang yang benar, Anda sebenarnya dapat meningkatkan antioksidan di dalam adonan.

Ini akan sangat bermanfaat jika memilih kerak dari gandum utuh. Ini tidak hanya memiliki serat, karbohidrat kompleks, dan nutrisi penting tetapi juga membantu menstabilkan metabolisme.

2. Saus

Saus adalah salah satu komponen utama dari pizza yang enak. Salah satu bahan utama pembuatan saus pizza adalah tomat. Kaya likopen, tomat dapat membantu dalam melawan kanker. Mereka juga memiliki Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebanyakan saus pizza mengandung bawang putih, Anda dapat menikmati manfaat Vitamin B6, Vitamin C, dan mangan yang memiliki sifat melawan kanker.

Komponen lain dari saus pizza adalah minyak zaitun. Ini membantu menurunkan kolesterol jahat dan memberi dosis minyak lemak kaya energi.

Dengan bumbu seperti basil dan oregano, saus akan memberi banyak vitamin K dan serat.

3. Keju

Banyak orang menganggap pizza tidak sehat karena mengandung banyak keju. Meskipun ada sejumlah pizza bebas keju yang rasanya sama enaknya, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang memasukkan keju ke dalam pizza.

Keju sangat kaya akan kalsium yang akan membuat tulang lebih kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Itu juga kaya protein. Yang perlu dilakukan hanyalah sedikit berhati-hati terhadap kuantitas dan jenis keju yang dimasukkan ke dalam pizza.

Waspadai kandungan lemak pada keju. Pilih dengan bijak antara keju asli, keju susu murni, keju kambing, atau keju susu skim. Anda juga akan mendapatkan manfaat dari pengaturan tekanan darah dengan asupan keju tersebut.

2 dari 2 halaman

4. Topping

Jika memilih pizza yang memiliki sayuran hijau sebagai topping, maka itu terbukti sangat sehat untuk Anda. Sayuran hijau seperti bayam, paprika hijau, dan asparagus sangat kaya akan antioksidan.

Topping pizza populer lainnya adalah jamur. Mereka adalah agen melawan kanker yang hebat dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, jamur juga rendah natrium, lemak, dan kalori. Mereka juga membantu mengatur kadar gula darah.

Nanas adalah topping lain yang disukai untuk pizza. Ini sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi. Selain itu, jika suka pizza daging sapi, maka Anda akan mendapatkan banyak protein dan zat besi.

5. Variasi

Bagian terbaik tentang memesan pizza adalah pembeli dapat mengontrol semua bahan yang masuk ke dalamnya.

Jika membuat pizza di rumah, maka Anda memiliki keuntungan lebih besar karena dapat menggunakan jenis adonan yang diinginkan, membuat jenis saus yang sehat, menambahkan keju sesuai kebutuhan, dan menikmati pilihan tersebut. Singkatnya, semua orang bisa membuat pizza sehat sesuai keinginan.

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah