Sukses

Kegunaan Jahe Rempah Ternyata Juga Bisa untuk Melawan Ketombe

Selain antibakteri, jahe juga mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat analgesik (pereda nyeri), sedatif (pemicu tidur), dan antipiretik (pereda demam).

Liputan6.com, Jakarta Jahe merupakan salah satu bahan rempah alami yang dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan atau minuman. Kebanyakan orang mengetahui rempah tersebut hanya untuk dikonsumsi.

Padahal, jahe ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk orang yang memiliki masalah dengan ketombe dan kulit kepala yang sering gatal.

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe yang tak kunjung hilang atau bahkan kulit kepala Anda terasa gatal, cobalah mengatasinya dengan rempah satu ini.

Jahe tersebut dapat dijadikan masker rambut dan kepala untuk melawan infeksi kulit khususnya pada kulit kepala. Karena itu, jahe mengandung antibakteri atau antimikroba.

Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui jahe sebagai salah satu bumbu untuk penambah rasa. Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan, seperti mencegah batuk atau flu. Biasanya seseorang mengonsumsinya dalam bentuk minuman.

Selain antibakteri, jahe juga mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat analgesik (pereda nyeri), sedatif (pemicu tidur), dan antipiretik (pereda demam).

Kandungan antioksidan dalam jahe juga dianggap mampu melawan peradangan pada tubuh. Itu artinya secara tidak langsung, jahe memiliki banyak khasiat di berbagai hal.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, di dunia kesehatan dan kecantikan jahe dianggap mampu melawan infeksi kulit khususnya kulit kepala dan mengatasi masalah ketombe.

Kini Anda tak perlu lagi membeli produk-produk mahal. Dengan bahan alami ini Anda bisa menyelesaikan masalah rambut yang ada.

Bagaimanakah jahe bisa dimanfaatkan untuk rambut dan kulit kepala? Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan, seperti melansir laman NDTV.com, Senin (2/1/2021).

1. Ambil jahe segar lalu iris menjadi beberapa bagian atau menghaluskannya dengan parut.

2. Tambahkan irisan atau parutan jahe tadi ke dalam air secukupnya dan didihkan dengan api kecil. Setelah beberapa menit, warna air pun akan terlihat berubah.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Lainnya

3. Setelah itu, matikan api dan angkat air tersebut.

4. Saringlah air tersebut. Jika perlu, tekanlah sisa jahe di atas saringan agar sari jahe pun ikut ke dalam wadah.

5. Tunggu hingga air menjadi dingin.

6. Setelah itu, masukkan cairan tersebut ke dalam botol semprot.

Anda bisa langsung menyemprotnya ke kulit kepala atau rambut Anda. Diamkanlah terlebih dulu agar cairan tersebut meresap ke kulit kepala dan rambut. Setelah itu, barulah Anda membilasnya.

Secara mudah Anda bisa merawat rambut dengan bahan alami. Lakukanlah secara rutin seminggu sekali untuk membantu Anda mengatasi ketombe dan gatal di kulit kepala.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.