Sukses

Makanan Ini Bantu Anak untuk Tumbuh Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Genetika menentukan 80 persen tinggi badan seseorang. Namun, sesuai penelitian, faktor lingkungan seperti nutrisi dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi tinggi badan anak di tahun-tahun pertumbuhannya.

Meskipun tidak dapat berbuat banyak tentang gen, Namun dapat dipastikan untuk memberikan nutrisi yang tepat kepada anak-anak untuk memfasilitasi pertumbuhan mereka.

Melansir dari laman stylecraze, inilah daftar makanan yang dapat membantu perkembangan fisik anak Anda secara keseluruhan, dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan, dan membantu pertumbuhan tulang.

1. Telur

Telur adalah sumber protein, riboflavin, biotin, dan zat besi yang luar biasa. Protein membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kekurangan gizi yang diberi makan dengan diet protein tinggi selama suatu periode tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang diberi makan dengan protein standar.

Putih telur adalah sumber protein terkonsentrasi. Pastikan untuk memasukkan telur hampir setiap hari ke dalam makanan anak Anda. Makan telur dadar yang enak atau telur rebus untuk sarapan adalah cara yang bagus untuk memulai hari mereka dan memastikan mereka mendapatkan protein.

2. Susu

Susu mengandung kalsium dan protein, yang membantu pertumbuhan tulang dan juga mengembangkan kekuatan. Produk susu seperti keju, yogurt, dadih, dan keju cottage kaya akan kalsium dan vitamin, yang penting untuk mineralisasi tulang pada anak-anak.

Ajak anak Anda minum susu setiap hari atau buatlah hidangan yang berisi kebaikan susu. Jika anak Anda memiliki intoleransi laktosa, ganti susu sapi atau kerbau dengan susu yang berasal dari tumbuhan setelah berkonsultasi dengan dokter anak.

 

2 dari 3 halaman

3. Kedelai

Kedelai kaya akan protein. Anda dapat membuat banyak hidangan lezat dengan kacang kedelai yang disukai anak-anak. Kedelai juga berguna dalam meningkatkan kesehatan tulang yang optimal.

4. Ayam

Daging unggas merupakan sumber protein yang baik, bersama dengan vitamin B (terutama thiamin, Vitamin B6, dan asam pantotenat). Studi tentang pertumbuhan fisik anak usia dini yang tergolong dalam kelompok berpenghasilan rendah menunjukkan bahwa diperlukan protein hewani yang berkualitas baik untuk mempercepat tumbuh kembang anak. Anda dapat mencoba berbagai resep yang menyertakan ayam untuk meningkatkan asupan protein anak.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau tidak hanya memberi anak kekuatan tetapi juga menyediakan kalsium dalam jumlah yang baik. Kalsium dalam sayuran berdaun (kubis Cina, kangkung, dan brokoli) menyeimbangkan resorpsi tulang dan deposisi yang bervariasi sesuai dengan usia. Pada anak-anak dan remaja, pembentukan tulang lebih dari sekadar resorpsi, yang mendukung pertumbuhan tulang.

 

3 dari 3 halaman

6. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Menambahkan wortel mentah ke dalam makanan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, yang memengaruhi resorpsi tulang dan membuatnya tetap sehat. Tambahkan wortel mentah ke salad atau buat jus wortel segar untuk anak Anda.

7. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral, mikronutrien penting yang meningkatkan kekebalan dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan. Biasakan untuk memberi anak Anda 1-2 porsi buah setiap hari. Anda juga bisa menambahkannya ke sereal agar berwarna dan enak. Sertakan varietas buah yang berbeda setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian.