Sukses

5 Pengobatan Rumah Sederhana untuk Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah menderita sakit gigi, Anda tahu betapa traumatisnya hal itu. Karena biasanya, sakit gigi datang tiba-tiba dan terkadang bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dalam melakukan rutinitas. Jika Anda ingin mencoba pengobatan rumahan yang efektif untuk mengatasi rasa sakit, berikut ini beberapa di antaranya, dikutip Times of India:

1. Bilas dengan air garam

Bilas air garam adalah pengobatan lini pertama untuk sakit gigi. Air asin adalah disinfektan alami. Ini dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda. Membilas dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Bilas dengan hidrogen peroksida

Bilas dengan hidrogen peroksida yang diencerkan dengan air juga dapat meredakan nyeri dan peradangan. Metode ini juga bisa membunuh bakteri, mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Jangan lupa untuk mengencerkan hidrogen peroksida. Tambahkan 3 persen hidrogen peroksida dengan takaran air yang sama, lalu gunakan sebagai obat kumur. Ingat, jangan menelannya.

 

2 dari 4 halaman

3. Kantong teh peppermint

Peppermint membantu menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Ambil kantong teh bekas dan biarkan sesaat hingga dirasa tidak terlalu panas. Oleskan kantong teh ini ke area yang dirasa nyeri. Anda bisa menggunakan kantong teh saat masih hangat.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan sebaliknya dan membekukan kantong teh selama beberapa menit dan kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai pengobatan rumahan selama ribuan tahun untuk berbagai masalah. Bawang putih dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan timbulnya plak gigi dan sekaligus bertindak sebagai pereda nyeri.

Hancurkan satu siung bawang putih dan buat pasta. Terapkan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam pasta bawang putih atau mengunyah bawang putih.

5. Cengkih

Cengkih telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak lama. Minyak cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Minyaknya mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Anda bisa memasukkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam kapas dan mengoleskannya ke area yang terkena. Pastikan untuk mengencerkan minyak cengkih dengan sedikit minyak pembawa (minyak zaitun).

Anda juga bisa memasukkan satu atau dua tetes minyak cengkih ke dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

3 dari 4 halaman

Infografis WHO Akui Kemungkinan Penularan Covid-19 via Udara

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: