Sukses

Kesal Koneksi Wifi Jelek, Ikuti Kiat agar Koneksi Internet Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Jariangan Wi-fi menjadi salah satu hal terpenting digunakan oleh banyak orang saat pandemi Covid-19. Saat belajar atau bekerja dari rumah, koneksi wi-fi haruslah tetap bagus dan stabil.

Selain untuk bekerja di rumah selama pandemi, wi-fi juga berguna dan membantu saat bersantai dengan menonton di layanan streaming. Atau mengikuti berbagai video kebugaran agar tetap sehat dan fit walaupun di rumah saja.

Memiliki koneksi wi-fi yang jelek dapat mengubah suasana hati menjadi tidak baik sehingga menganggu aktivitas pada hari tersebut.

Mengutip dari Goodhousekeeping, Jumat (2/10/2020) berikut trik sederhana yang bisa diikuti untuk mempercepat dan membuat lancar wifi yang ada di rumah:

1.  Perhatikan letak router 

Router haruslah diposisikan di tempat yang tinggi, jauh dari lantai dan di tengah rumah. Perlu diketahui ada beberapa benda yang dapat mengganggu sinyal wi-fi dan memperlambat koneksi internet seperti telepon, microwave dan masih banyak lagi sehingga jauhkan router dari semua itu.

2. Hubungkan ke soket terkuat

Pastikan router Anda dicolokkan ke soket telepon ‘master’ karena roter menawarkan sinyal yang lebih kuat. Jika dicolokkan ke soket telepon lainnya, maka sinyal Anda tidak akan menjadi yang terkuat.

3.  Ganti saluran

Jika router Anda menggunakan salah satu dari saluran untuk menyiarkan jaringan nirkabel, maka ia akan memilih saluran yang paling tidak sibuk pada saat penginstalan.

Namun seiring perjalanan waktu mungkin saluran ini menjadi lebih ramai terutama jika tetangga mengganti saluran yang mereka gunakan. Maka Anda dapat mengunduh wifi analyzer untuk menemukan saluran yang paling tidak ramai digunakan.

 

 

2 dari 3 halaman

Trik selanjutnya

4.  Kurangi beban

Jika ada beberapa orang yang mencoba menggunakan internet pada satu waktu, mungkin koneksi wi-fi Anda akan mulai bermasalah dan membuat semua yang memakainya frustasi. Sehingga langkah yang dapat dilakukan adalah mematikan wi-fi pada perangkat yang tidak digunakan.

Ketika ingin mengunggah file yang berukuran besar mungkin bisa ditunda terlebih dahulu hingga jumlah orang yang menggunakan wi-fi lebih sedikit dari pada sebelumnya.

5. Tingkatkan teknologi 

Membeli sedikit perangkat tambahan bisa menjadi jawaban akhir jika wi-fi Anda masih berjalan dengan lambat. Carilah beberapa referensi wifi yang lain untuk memutuskan pemilihan pemasangan wi-fi selanjutnya

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: