Sukses

Sulit Atur Banyak Proyek Hingga Lewat Deadline, Simak Kiat Ini

Liputan6.com, Jakarta Bekerja sebagai freelancer memiliki banyak keuntungan. Anda bisa bekerja di mana pun, memiliki jam kerja yang fleksibel, memilih proyek yang sesuai dengan minat untuk dikerjakan.

Namun sisi sebaliknya karena mengambil banyak tanggung jawab sehingga sulit untuk mengatur waktunya, tetapi jika dapat memenuhi semuanya maka akan meningkatkan kinerja dan meningkatkan pendapatan.

Menyelesaikan proyek tepat waktu adalah salah satu aspek terpenting menjadi seorang freelancer. sehingga dapat memperkuat reputasi pekerja freelancer yang baik.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Kamis (1/10/2020) berikut beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan bagi seorang freelancer:

1. Tandai kalender dan rencana

Sebelum menetapkan harga dan proyek ada baiknya untuk menanyakan tentang tenggat waktu mengerjakannya.

Mengetahui tenggat waktu yang diberikan klien memungkinkan untuk mengatur jadwal yang sesuai untuk kedua sisi.

Berikut beberapa cara untuk menandakan pekerjaan yang sudah diambil pada kalender Anda

·      Setuju pada tanggal pengiriman (satu tenggat waktu untuk keseluruhan proyek atau serangkaian tenggat waktu untuk Sebagian proyek)

·      Tandai tenggat waktu di kalender

·      Tentukan jumlah jam per hari yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tepat waktu dan kemudian sisihkan jumlah jam tersebut setiap hari hingga tenggat waktu

 

 

2 dari 3 halaman

Tips berikutnya

2. Jika memungkinkan, serahkan pekerjaan sebelum tenggat waktu

Satu masalah yang cenderung terjadi ketika tenggat waktu pengumpulan adalah klien meminta untuk koreksi atau adanya perubahan.

Sehingga saat menetapkan tenggat waktu, tambahkan beberapa waktu tambahan untuk perubahan dan koreksi, dengan demikian semuanya akan diserahkan tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan klien.

3. Terorganisir

Freelancer menyadari kebutuhan untuk terorganisir tetapi terkadang diletakkan di belakang dan sebelum mereka menyadarinya, tenggat waktu semakin dekat dan mereka hanya menyelesaikan 20% pekerjaannya.

Sehingga untuk menjadi teratur, freelancer harus mengetahui apa yang mereka butuhkan untuk mengatur, langkah apa yang harus diambil dan bagaimana mengambil tindakannya.

Saat menyetujui tenggat waktu, persyaratan maka catatlah semuanya. Pertahankan transparansi dan kejelasan sepanjang proyek sedang dilakukan.

4. Hilangkan gangguan dan fokus

Memprioritaskan berdasarkan tenggat waktu itu penting. Ini berarti menentukan proyek mana yang paling penting dan jika menggunakan kalender, Anda bisa mewarnai tiap poyek sesuai dengan prioritasnya yakni

·      Pengiriman proyek yang penting

·      Pengiriman proyek yang mendesak

·      Bukan pengiriman proyek yang mendesak

 

 

3 dari 3 halaman

Cara selanjutnya

Selain itu penting juga untuk meminimalkan gangguan dengan menjadwalkan waktu untuk mengecek media sosial, bersenang-senang dan lainnya.

Dengan demikian pekerjaan selesai selama jam kerja, tidak ada gangguan dan tetap teratur dalam menyerahkan proyek tepat waktu.

Cara terakhir jika Anda tidak bisa mengatur waktu adalah dengan mengatur tim untuk membantu menyelesaikan proyek.

Beberapa freelancer mungkin percaya bahwa pendapatan mereka akan berkurang karena harus membayar tim pekerja, tetapi Anda harus ingat bahwa ada keuntungannya di balik itu yakni

·      Memiliki tim akan memberikan lebih banyak waktu untuk terhubung dengan banyak klien dan dipekerjakan lebih banyak proyek sehingga dapat meningkatkan pendapatan seseorang

·      Proyek lebih besar dapat dilakukan dengan lebih banyak uang

·      Komitmen harga tetap tidak diperlukan, sebuah tim dapat dibentuk untuk pejerjaan tertentu atau dapat membuat perjanjian pembayaran tiap proyeknya

 

Reporter: Tasya Stevany