Sukses

Sedang Bosan dengan Rutinitas? Begini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi Covid-19 perubahan drastis mengubah hidup semua orang. Tentunya sebagian orang yang merasakan bosan karena rutinitas yang hanya di dalam rumah dan itu-itu saja.

Penelitian menunjukkan bahwa orang cepat merasa menyesal terutama atas hal-hal yang belum dilakukan, bukan atas sesuatu yang telah dilakukan.

Mengutip dari Yourtango, Selasa (29/9/2020) berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kembali bersemangat menjalani kehidupan:

1.  Ingat Anda tidak pernah terlalu tua untuk belajar

Meskipun kembali ke sekolah formal mungkin tidak membuat Anda mengomel sedikit pun. Selain itu kesempatan untuk mempelajari hal baru pun ada di ujung jari karena memiliki akses ke komputer.

Anda bisa membuat petualangan belajar sendiri selama yang diinginkan. Yang terpenting pilihlah aktivitas yang menggairahkan secara emosional dan mental di tempat yang tepat.

2. Jangan pernah mengambil jalan yang sama dua kali

Keluarlah dari zona nyaman dan lakukan eksplorasi ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Jangan jauh-jauh mungkin bisa dimulai dengan jaalan sore namun tidak melalui rute yang biasanya, maka Anda mungkin akan menemukan hal-hal baru lainnya yang tidak pernah didapatkan sebelumnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Cara selanjutnya

3. Perkenalkan lebih banyak ‘bermain’ di tempat kerja

Dengan tuntutan yang terus menerus untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan, mungkin lam-lama Anda menjadi mati rasa secara kognitif pada tengah hari. Sehingga untuk menghindarinya lakukanlah aktivitas yang menyenangkan di tempat kerja Anda.

Meskipun memerluka beberapa perencaan, kreativitas, dan konsultasi dengan teman kerj yang lain, namun Anda dapat mengubah pengalaman kerja. Sehingga dapat menyalakan Kembali dan sepenuhnya mengubah rutinitas kerja yang membosankan.

4. Mencari kreativitas

Dalam gaya hidup Anda yang sudah penuh, pertimbangkan tempat untuk menanamkan jadwal yang memungkinkan untuk menunjukkan kreativitas. Sehingga mungkin akan takjub setelah menemukan minat dan bakat yang belum Anda sadari.

5. Buat tujuan pengalaman harian

Sangat penting untuk membuat dan mengerjar daftar keinginan yang besar, namun Anda juga dapat menikmati skala-skala kecil terlebih dahulu untuk perlahan-lahan mencapai yang skala yang besarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara selanjutnya

6. Kejutkan seseorang

Ucapkan selamat tinggal pada rutinitas yang membosankan dan ucapkan halo pada spontanitas. Melakukan hal tersebut membantu menghidupkan kembali pekerjaan Anda.

Dengan teman dekat Anda, tuliskan hal yang ingin dialami atau terima pada kertas yang berbeda dan letakkan di toples. Ambil satu kertas setiap harinya. Sehingga ini akan menciptakan peluang kesenangan yang tidak terduga.

7.  Pelajari seni memberi

Penelitian menemukan bahwa Anda akan mengalami kesenangan ketika memberi kepada orang lain lebih banyak daripada ketika menerimanya.

Berhenti dari rutinitas yang membosankan tidak berarti fokus pada diri sendiri untuk mengubah segalanya.

Namun Anda dapat meningkatkan hidup dengan mengarahkan perhatian untuk mendukung dan membantu orang lain.

8. Ubah rutinitas membosankan

Menghentikan rutinitas yang membosankan bisa dimulai dengan mengacaukannya sampai tidak bisa disebut seperti itu lagi. Namun haruslah berhati-hati agar tidak menimbulkan gangguan.

Pertimbangkan untuk memperkenalkan perubahan dalam jumlah kecil untuk menguji apakah semuanya berjalan dengan baik untuk Anda.

Berikan diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri dan biarkan hal baru menjadi akrab secara bertahap. Sehingga dalam waktu singkat, rutinitas bisa jauh dari membosankan karena Anda mulai melihat dan mengalami lensa baru.

 Reporter: Tasya Stevany

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini: