Sukses

Ingin Bekerja Lebih Produktif di Rumah? Ikuti 4 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 mengubah pola bekerja, yang tadinya bisa bekerja di rumah namun sekarang harus bekerja di rumah masing-masing.

Tentunya bekerja di rumah terasa menyenangkan karena tidak perlu bangun pagi-pagi untuk bersiap kerja dan bisa menggunakan pakaian yang santai.

Tetapi lama-lama rasa senang itu akan berganti menjadi rasa bosan dan jenuh karena suasana rumah yang lebih mendukung untuk bersantai sehingga dapat menganggu pekerjaan, sehingga hal tersebut harus dihindari agar Anda tetap bisa fokus untuk bekerja.

Marie Kondo, pakar merapikan dan penulis buku mengatakan “merapikan tempat kerja memicu kegembiraan dalam pekerjaan kita, membantu menjadi lebih terorganisir dan mencapai hasil yang lebih baik.”

Mengutip dari cnbc, Sabtu (28/08/2020) Marie Kondo menguraikan 4 langkah kecil yang dapat Anda ikuti untuk mengubah lingkungan rumah mejadi tempat kerja yang produktif:

1. Tandai awal hari Anda

“penting bagi Anda untuk menetapkan batasan yang jelas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.” Kata Kondo kepada CNBC.

Untuk melakukan hal ini, Kondo menyarankan untuk memulai setiap pagi dengan ritual atau aktivitas standar untuk menandai dimulainya hari kerja Anda.

2 dari 3 halaman

2. Identifikasi item yang paling penting

Setelah melakukan aktivitas yang menandai awal hari, Kondo mengatakan Langkah selanjutnya adalah mengindentifikasi item yang penting dan tidak penting bagi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dan menentukan tempat yang jelas untuk bekerja.

Kondo menambahkan setelah membersihkan item yang tidak perlu, kemudian harus menambahkan satu item ke ruang kerja yang dapat memicu kegembiraan saat melihatnya.

3. Simpan item pekerjaan dalam wadah

Hal ini dilakukan agar membantu Anda lebih teratur dan dapat dengan mudah menemukan barang saat dibutuhkan.

4. Sediakan ruang untuk istirahat

Penelitian dari Psychology Today menunjukkan bahwa istirahat dari pekerjaan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional Anda, mencegah kelelahan pengambilan keputusan dan memulihkan motivasi untuk mencapai tujuan Anda.

Sehingga sangat disarankan untuk menemukan ruangan yang mendukung, baik saat Anda bekerja maupun tidak bekerja.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: