Sukses

Merasa Anda Seorang yang Pesimis? Berikut 10 Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia dengan banyaknya tanggung jawab dan beban yang harus dijalani sehingga membentuk Anda menjadi seorang yang pesimis.

Seseorang yang mengalami pesimis akan selalu merasa khawatir, gelisah, kalah, rugi, takut. Kondisi ini akan merugikan aktivitas yang akan Anda jalani pada hari tersebut.

Tetapi jika Anda merasa pesimis, mungkin hanya mengalami hari yang buruk dan akan berubah menjadi baik lagi pada keesokan harinya.

Berikut adalah beberapa tanda yang akan memberitahu apakah Anda seorang pesimis atau tidak

·      Anda selalu berpikir, “bagaimana jika tidak berhasil, bukan bagaimana jika berhasil?”

·      Anda tidak akan terkejut jika ada yang salah

·      Anda mudah menyerah

·      Anda berharap mendapat kabar buruk

·      Terkadang, Anda mungkin egois

·      Anda merasa sulit untuk memaafkan

·      Anda merasa terganggu oleh orang yang optimis

·      Anda terlibat dalam self-talk negatif

Jika tanda-tanda di atas ada di dalam diri sendiri, maka mungkin Anda seorang yang pesimis dan ingatlah hal tersebut masih bisa diubah.

Tetapi bagaimanasi cara mengubah diri yang tadinya Anda seorang yang pesimis menjadi optimis untuk menjalankan aktivitas sehari-hari?.

Melansir dari Lifehack.org, Kamis (3/9/2020) berikut 10 cara yang bisa Anda ikuti agar tidak pesimis lagi.

Tetapi ingatlah bahwa ini bukan solusi penerapan satu kali dan bisa langsung menjadi seorang yang optimis, namun ini adalah kebiasaan kecil yang perlu Anda tanamkan dalam aktivitas sehari-hari.

 

2 dari 3 halaman

1. Gantikan setiap pikiran negatif dengan pikiran positif

 

Ketika Anda mendapati diri sedang berpikir negatif atau hanya memikirkan hal yang membingungkan, maka berhentilah dan gantikan dengan pikiran yang positif seperti pikirkan apa pun yang membuat bahagia.

Penting karena tanpa Anda sadari memiliki kekuatan untuk mengatur ulang otak. Jika Anda terus menerus melakukannya maka akan mengganti pesimisme dengan optimisme untuk berpikir yang lebih positif. Sehingga berpikir positif akan menjadi suatu kebiasaan.

2. Buatlah daftar bersyukur

Terkadang Anda menganggap remeh hal-hal kecil dan dari sinilah pesimisme berasal. Ketika Anda fokus pada hal-hal yang dimiliki daripada apa yang kurang maka pikiran yang pesimis itu akan hilang secara sendirinya.

Fokus pada apa yang Anda miliki dengan membuat daftar rasa bersyukur akan hal yang telah diperoleh. Ini akan membantu Anda menjaga hal-hal tetap positif karena akan fokus pada yang Anda miliki dan akan membantu menghentikan Anda menjadi pesimis.

3. Berhenti melihat kemunduran sebagai kegagalan

Setiap orang menghadapi rintangan dan merupakan bagain dari proses pembelajaran kehidupan. Belajarlah dari rintangan dan lakukan lebih baik lagi lain kali.

4. Lakukan hal yang baik untuk orang lain

Senyum kepada orang lain, membuang sampah pada tempatnya, membantu lansia untuk menyebrang adalah hal-hal kecil yang penting untuk dilakukan.

Anda membantu orang lain dan diri sendiri karena jiwa Anda merasakan kegembiraan saat berbuat baik untuk orang lain.

 

3 dari 3 halaman

5. Temukan jalan keluar untuk melepaskan hal negatif

Secara tidak sadar menyalurkan pikiran Anda ke dalam suatu tindakan yang akan Anda lakukan. Anda dapat menyalurkannya untuk melakukan sesuatu dan melepaskan energi negatif tersebut.

Anda dapat mulai dengan melukis, menggambarm atau apapun yang memberi Anda kegembiraan dan membantu melepaskan energi yang terpendam.

6. Bicaralah pada diri sendiri seperti akan berbicara pada orang yang Anda cintai

Diri Anda sendiri bisa menjadi musuh terbesar dan dapat mengahalangi kemajuan. Jangan pernah berbicara tentang diri Anda secara negatif.

7. Jangan cap diri Anda sebagai orang yang pesimis

Jika Anda mencap diri sendiri sebagai seorang yang pesmis, maka Anda memberi batasan pada diri Anda sendiri. Sehingga Anda akan terus berpikir dan melakukan sesuatu dengan cara yang dilakukan oleh seorang yang pesimis.

8. Memiliki orang-orang disekitar Anda yang memberi energi positif

Jika Anda ingin maju dalam hidup, maka Anda perlu untuk menyingkirkan orang dan kebiasaan yang tidak menguntungkan Anda. Jika orang di sekitar Anda menambah energi yang negatif, maka temukan orang baru yang lebih positif.

9. Temukan seseorang yang dapat Anda curhati

Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah seseorang yang dapat mendengarkan dan memahami Anda. Anda bisa berhenti menjadi pesimis jika bisa menemukan seseorang yang bisa kita ajak curhati.

Anda dapat melampiaskan, membagikan pikiran negatif Anda dan mengeluarkan semuanya. Sehingga dapat meringankan beban Anda dan mendapatkan perspektif baru tentang berbagai hal.

10. Sertakan Gerakan dalam hidup Anda

Cara bagus untuk menghilangkan engergi negatif adalah dengan berolahraga. Anda hanya perlu menggerakkan tubuh untuk melepaskan energi itu.  

 

Reporter: Tasya Stevany