Sukses

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda berpikir untuk memilih pakaian olahraga yang tepat sebelum membelinya? Bagaimana dengan alas kaki? Kini semakin maraknya olahraga bersepeda yang kembali dilakukan masyarakat agar tetap bugar selama pandemi.

Jika mengenakan sesuatu yang longgar atau tidak pas saat berolahraga bisa memicu banyak kesalahan yang Anda lakukan selama sesi.

Penting untuk menggunakan jenis sepatu yang tepat. Mengenakan jenis alas kaki yang tepat juga dapat meningkatkan performa Anda.

Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa memilih sepatu yang tepat sama pentingnya dengan latihan itu sendiri. Ini karena sebagian besar latihan yang Anda lakukan menggunakan kelompok otot penting di kaki dan menggunakan alas kaki yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan parah.

Satu hal penting untuk diingat adalah harus memilih sepatu yang mendukung latihan. Artinya tidak semua sepatu lari dimaksudkan untuk digunakan di gym. Itu juga artinya setiap jenis olahraga yang berbeda membutuhkan sepatu pelatihan khusus.

Memilih alas kaki yang tidak tepat dapat menyebabkan lecet, keseleo kaki, pergelangan kaki bengkok, shin splints, Achilles tendonitis dan plantar fasciitis, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa pemeriksaan dasar yang harus Anda pastikan sebelum membeli, dilansir dari TimesofIndia, Sabtu (22/8/2020):

1. Pilih ukuran yang tepat

Saat berolahraga, Anda akan memanfaatkan kelompok otot inti di tubuh yang membutuhkan dukungan yang tepat. Mengenakan sepatu yang ukurannya terlalu besar atau yang ukurannya terlalu kecil bisa berisiko.

Pastikan Anda mengutamakan kenyamanan, dan bukan warna dan gaya sepatu terlebih dahulu. Sesuaikan panjang, lebar, dan bentuk sepatu dengan kaki Anda. Sepatu yang ideal harus memberikan cengkeraman yang kuat juga.

Untuk menemukan ukuran yang tepat, ada juga trik berbelanja yang cerdas - cobalah sepatu Anda di tengah hari, ketika kaki cenderung sedikit membengkak.

Tip tambahan adalah mencoba sepatu dengan kaus kaki. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih realistis tentang bagaimana sepatu itu benar-benar pas dengan Anda saat berolahraga.

2. Pastikan sepatu Anda pas

Memastikan bentuk lengkungan kaki Anda juga dapat membantu memilih sepatu yang sesuai. Pastikan ada jarak selebar ibu jari antara jari kaki terpanjang dan bagian depan sepatu agar pas.

Jika Anda merasa tidak nyaman memakainya maka jangan digunakan lagi. Mungkin Ande memerlukan banyak eksperimen, tetapi yang penting adalah Anda selamat dari cedera dan lecet.

 

2 dari 3 halaman

3. Tentukan latihan

Tidak semua latihan dirancang sama dan dilakukan dengan cara yang berbeda. Misalnya, berlari membutuhkan gerak kaki yang berbeda dari aktivitas dalam ruangan intensitas sedang atau tinggi lainnya, seperti latihan sirkuit. Oleh karena itu, penting untuk mengingat persyaratan latihan Anda juga saat berbelanja sepatu.

4. Memeriksa pembuatan sepatu

Ada 4 bagian penting pada sepatu - sol dan tapak yang menyentuh tanah, bantalan dan tumit. Semua ini memiliki fungsi penting untuk dilayani. Bergantung pada jenis latihan yang Anda lakukan, Anda perlu mencari fungsi pendukung yang sesuai.

Sementara bagian sol dan tapak membantu mencegah jatuh dan membangun traksi yang diperlukan dengan permukaan dasar, bantalan yang cukup diperlukan untuk kenyamanan.

Tumit pada sepatu membantu mendukung gerakan maju saat Anda bergerak. Cobalah berbagai pasang sepatu yang berbeda untuk mengetahu desain mana yang mendukung kaki Anda secara maksimal dan tidak membatasi gerakan Anda.

Jika Anda melakukan ini, Anda dapat memilih berbagai jenis sepatu yang paling cocok untuk latihan Anda. Seorang profesional terlatih juga akan dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Meskipun ini adalah beberapa pemeriksaan dasar yang harus Anda lakukan, berikut beberapa gaya sepatu untuk masing-masing jenis olahraga:

- Untuk Berjalan-jalan: Karena berjalan adalah aktivitas berdampak rendah dan risiko cedera lebih rendah daripada olahraga lain, Anda juga tidak memerlukan bantalan ekstra atau penyangga tumit. Cobalah dan dapatkan sepatu pas dasar yang mendukung gerakan alami kaki Anda.

- Untuk Berlari atau Jogging: Lari atau jalan cepat membutuhkan penyangga bantalan yang dapat menahan gaya dan mendukung gerakan saat Anda menggerakkan kaki ke depan. Bahkan tipe sepatu untuk jenis oleharaga ini sangat beragam, jadi Anda mungkin harus mencobanya dan memilih mana yang dirasa membuat paling nyaman.

- Untuk latihan kardio dalam ruangan: Aktivitas dalam ruangan tidak memerlukan traksi atau alur yang sama pada sol seperti olahraga luar ruangan, jadi, tergantung pada intensitas latihan yang Anda lakukan, Anda memiliki beberapa pilihan untuk dipilih.

Memiliki jumlah bantalan bantalan dasar sudah cukup. Pilih sepatu yang pas untuk Anda dan cocok dengan gerakan Anda.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: