Sukses

Menghilangkan Kecoak dengan Bahan Rumahan

Liputan6.com, Jakarta Kecoak adalah salah satu masalah yan besar di rumah dan juga mengganggu kesehatan, karena membawa bakteri dan virus.

 Ada banyak produk dan umpan pembunuh kecoak yang tersedia di pasaran, namun, mereka mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membuat masalah bagi Anda, anak-anak dan hewan peliharaan Anda

Akar penyebab kecoak di rumah Anda bisa karena jorok. Jadi, langkah pertama dan terpenting adalah membersihkan dan membuang barang-barang yang tidak diinginkan, kotoran dan debu berlebih dari rumah.

Dan jangan meninggalkan potongan-potongan makanan dan piring yang tidak bersih untuk waktu yang lama. Jadi, buang semua sisa makanan, kantong sampah, tumpukan koran, dan barang-barang lain yang mengumpulkan debu dan tutup rapat semuanya. Tanpa kotoran dan makanan, mereka tidak akan bertahan lama 

Berikut cara mengusir kecoa denga bahan sederhana yang ada di rumah:

1. Kurangi kelembaban dan tutup titik masuk

Kecoak akan masuk ke rumah jika ada banyak kelembaban. Jadi, perbaiki semua keran dan pipa yang bocor, singkirkan semua akumulasi air di dan sekitar rumah Anda.

Hama ini tidak dapat hidup tanpa air selama lebih dari 7 hari, jadi pastikan rumah Anda kering dan terawat dengan baik. Coba dan temukan titik masuk kecoak dan tutup celah dan celah.

2. Menjaga rumah tidak hanya kering tetapi juga sejuk

Seperti disebutkan, tempat-tempat kering di atas akan membantu mereka untuk tetap dan bahkan tempat yang dingin juga karena mereka tidak dapat beradaptasi dengan dingin. Kecoak mungkin tidak aktif di tempat dingin.

3. Wewangian yang kuat akan membantu

Bersihkan rumah dan lantai  dengan minyak wangi yang kuat seperti minyak serai atau fenil obat. Anda juga bisa menyemprotkan campuran air asin dan minyak peppermint dan menyemprotkannya ke area yang terinfeksi. Aroma yang kuat akan membuat mereka pergi dan jangan menggunakan air terlalu banyak. 

2 dari 2 halaman

4. Asam borat

 

Asam borat adalah salah satu obat rumahan untuk mengurangi kecoak di rumah Anda. Semprotkan atau aplikasikan pada pada titik masuk dan pastikan  tidak membuat area basah.

Pastikan untuk menyimpan makanan dan air jauh dari asam borat karena berbahaya bagi manusia juga. Anda bisa membuat umpan dengan bubuk ini juga.

Campurkan tiga sendok makan asam borat, tiga sendok makan tepung dan satu sendok makan minyak zaitun. Campur bersama dan buat adonan. Buat bola dan pertahankan titik masuk.

5. Daun salam

Anda bisa menggantung beberapa daun di area masuk atau menghancurkan daun kering dan menyemprotkan bubuk di area yang terinfestasi.

6. Daun Neem

Sama seperti daun salam, daun nimba juga merupakan obat alami untuk hama. Anda dapat menggunakan minyak Neem atau bubuk dan menyemprotkan di sekitar tempat yang penuh dengan kuman di rumah Anda. 

7. Pelembut pakaian

Dapat menggunakan pelembut kain sebagai penangkal kecoa. Campur dengan air dan semprotkan di atasnya secara langsung atau di tempat-tempat besar. Pastikan Anda tidak membasahi tempat dengan semprotan terlalu banyak.

Reporter : Tiara Sekarini