Sukses

Cara Mudah Hilangkan Noda Aspal yang Menempel di Mobil

Ada trik mudah menghilangkan noda aspal yang menempel di mobil. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Wajar jika Anda merasa kesal saat melihat mobil kesayangan terkena noda atau kotoran. Apalagi jika Anda sudah bersusah payah merawatnya dan membersihkannya namun noda dan kotoran yang menempel sulit dihilangkan. 

Noda tersebut terkadang akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri karena mobil tidak terlihat bersih. Terutama jika noda yang menempel merupakan noda yang membandel dan susah hilang, Anda pasti akan semakin jengkel. 

Tidak hanya merusak pemandangan, noda membandel juga bisa merusak lapisan cat mobil sehingga mobil Anda akan terlihat buruk. Salah satu noda membandel yang dapat merusak lapisan cat mobil adalah noda aspal jalanan.

Aspal jalanan yang selalu dilalui mobil terkadang akan memercik dan mengenai bagian mobil seperti rumah spion, grill, velg, bawah pintu, kaca depan, atau bumper. Agar penampilan kembali bagus dan lapisan cat mobil tidak mengelupas, maka Anda harus membersihkannya dengan cara yang benar.

Sebab cara yang salah dapat membuat mobil Anda tergores sehingga penampilan mobil tambah tidak bagus. Selain dapat memperburuk tampilan mobil, biaya perbaikan mobil yang tergores juga tidak sedikit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada trik mudah menghilangkan noda aspal yang menempel di mobil. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Agar proses pembersihan berjalan dengan lancar, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghilangkan noda aspal pada mobil adalah mempersiapkan alat dan bahan. Gunakan alat dan bahan yang berkualitas agar mobil Anda terlindungi dari kerusakan lainnya yang semakin merugikan.

Jadi sebisa mungkin jangan sembarangan saat memilih alat dan bahan ketika akan membersihkan noda aspal. Alat dan bahan yang harus Anda persiapkan ketika akan menghilangkan noda aspal diantaranya adalah kain lap yang bersih dan menggunakan bahan dasar yang lembut, solar atau tar remover, serta cairan pengusir aspal seperti minyak tanah. 

Alat dan bahan tersebut terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu, harganya juga relatif murah sehingga membuat Anda bisa sedikit berhemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pastikan Kondisi Noda Tidak Basah

Sebelum ke tahap selanjutnya, Anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi noda aspal yang terdapat di bagian mobil. Pastikan kondisi noda dalam keadaan kering atau tidak basah. 

Noda yang basah akan sulit dihilangkan jadi Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Jika sudah kering, baru Anda bisa melanjutkan pembersihan ke proses selanjutnya.

3. Basahi Kain Lap dengan Cairan Pembersih

Selanjutnya Anda harus menentukan cairan pembersih yang akan dipilih untuk membersihkan noda aspal. Anda bisa memilih salah satu cairan yang menurut Anda paling mudah terlebih dahulu misalnya remover. 

Jika sudah menentukan cairan yang akan digunakan, selanjutnya basahi lap yang telah disiapkan sebelumnya dengan cairan tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Bersihkan Noda dengan Cara Digosok Perlahan

Selanjutnya tempelkan lap pada bagian mobil yang terkena aspal secara perlahan. Diam pada posisi tersebut selama beberapa menit. Beri sedikit tekanan saat menempelkan lap agar cairan pembersih yang ada pada lap dapat meresap pada noda aspal yang menempel di mobil Anda.

Setelah dirasa cairan pembersih sudah cukup meresap pada noda aspal, selanjutnya gosok-gosok perlahan. Gosok dengan lembut dan berulang-ulang hingga dirasa noda aspal mulai mengelupas. Pastikan Anda menggunakan kain lembut jadi tidak akan menimbulkan bekas saat Anda menggosoknya.

Jika lap mulai kering, basahi kembali lap tersebut dengan cairan pembersih yang sama kemudian gosokkan lagi ke noda sampai noda hilang dari bagian mobil Anda. Yang perlu Anda ingat adalah, jangan menggosok terlalu keras jika noda tidak kunjung hilang. 

Apabila Anda memaksanya bisa saja bodi mobil Anda akan rusak dan malah tidak bisa dibersihkan dengan cara yang mudah. Tetap berhati-hatilah selama menggosok bagian bodi mobil untuk menjaga penampilannya.

5. Gunakan Wax untuk Sentuhan Akhir

Cara terakhir dalam menghilangkan noda aspal yang menempel di mobil adalah dengan menggunakan wax. Cairan wax digunakan paling akhir karena biasanya ketika membersihkan bodi mobil cat yang ada pada bodi tersebut akan terlihat kusam. Hal tersebut tentu saja akan merusak penampilan dari kendaraan Anda.

Maka dari itu Anda membutuhkan cairan Wax sebagai sentuhan akhir. Cairan Wax tersebut bisa membuat mobil Anda terlihat mengkilap sehingga penampilannya kembali seperti baru. 

Sebelum menggunakan Wax, seka terlebih dahulu noda aspal yang sudah tidak melekat di bodi mobil dengan kain lap baru yang masih bersih. Baru setelah itu bersihkan dengan Wax hingga mobil kembali mengkilap.

Mudah Dibersihkan, Jangan Panik dengan Noda Aspal di Ban Mobil

Anda tidak perlu khawatir jika terdapat noda aspal yang menempel di bodi mobil. Pasalnya, noda tersebut cukup mudah dihilangkan dengan beberapa tips yang ada. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dan alat yang berkualitas agar mobil Anda tidak semakin rusak. Semoga berhasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.