Sukses

Setop Berdiet Jika Mengalami Beberapa Kondisi Ini

Liputan6.com, Jakarta Diet, kata itu terdengar biasa bagi mereka yang sedang berjuang mengecilkan bagian dari tubuh yang dirasa memiliki kelebihan lemak.

Namun bagi yang sedang memutuskan untuk melakukan diet patut memperhatikan beberapa hal. Sebab diet bukanlah satu-satunya jalan yang ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang menarik.

Melansir mag for woman, Minggu (24/5/2020), inilah alasan seseorang tidak harus berdiet:

1. Membuat kekurangan gizi

Diet mungkin tidak memberi angka penurunan berat badan yang sempurna, tetapi pasti akan menghilangkan nutrisi dari tubuh.

Diet akan membuat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat. Ingin buktinya? lihat saja dari penampakan kulit yang kusam, bintik-bintik putih di wajah, kekebalan tubuh yang melemah dan banyak lagi.

2. Menghilangkan lemak esensial

Saat memutuskan untuk mengikuti diet XYZ yang telah dirancang , seperti rendah lemak dan lainnya, patut diiingat jika lemak yang dibenci, sebenarnya diperlukan untuk tubuh agar berfungsi dengan baik.

Lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan lain yang kita konsumsi, seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Membuat tubuh lemas

Saat melakukan diet, kemungkinan besar seseorang akan merasakan kekurangan energi dalam tubuh. Mulai dari sering merasa sering lelah dan tidak dapat berlari untuk melakukan pekerjaan secepat yang sebelumnya. Bila kondisi ini terjadi maka berhati-hati.

 

4. Mempengaruhi perubahan suasana hati

Tidak bisa memmakan apa yang jadi keinginan cenderung membuat seseorang mudah marah. Tubuh akan memberi tahu apa yang dibutuhkan dan saat diet kondisi ini akan terjadi lebih sering.

Tubuh akan menuntut makanan yang tidak diinginkan. Tapi dengan mengikuti diet, seseorang harus mengekang rasa sakit itu dan akan membuat suasana hati menjadi kurang menyenangkan.

5. Meningkatkan kemungkinan berat badan naik

Tidak ada yang mengatakan berapa berat badan sebenarnya yang bisa didapatkan setelah berhenti diet dan kembali menjalani diet rutin.

Karena memang benar bahwa sebagian besar berat badan akan kembali setelah seseorang keluar dari program diet. Jadi tidak ada gunanya menurunkan kalori, ketika kamu akan mendapatkannya kembali.

6. Menyebabkan gangguan mental

Apa yang dimakan akan langsung memengaruhi otak dan tubuh. Jika tidak berhati-hati dalam menyediakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, mungkin saja ini akan mengarahkan diri seseorang pada risiko gangguan mental seperti ADHD, depresi, Alzheimer, Parkinson, atau banyak lainnya. Kesehatan otak juga akan menderita, begitu pula koordinasi motorik.

Sebagai gantinya, harus melatih cara menuju tubuh yang sehat dan menarik. Mengikuti rutinitas yang ketat dan menghindari makanan tertentu, kamu akan dapat tubuh sempurna sesuai keinginanmu.

Reporter : Helena Yupita