Sukses

Hati-hati, Bayi di Bawah 1 Tahun Tak Boleh Konsumsi 6 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa bulan pertama sejak kelahirannya, bayi hanya boleh mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula sesuai usianya. Pada fase ini, menyediakan nutrisi yang cukup tentu belum begitu menantang.

Hal tersebut karena para bayi memang belum boleh mengkonsumsi apapun di luar ASI. Meski begitu, setelah 6 bulan pertama sejak kelahirannya bayi harus mulai berkenalan dengan makanan normal.

Melansir laman boldsky, Kamis (26/12/2019), para ibu harus hati-hati saat berada di fase ini, lantaran di bawah satu tahun, belum banyak makanan yang dapat begitu saja dikonsumsi bayi.

Demi menghindarinya, berikut enam makanan yang tidak aman dikonsumsi bayi di bawah satu tahun:

1. Makanan laut

Alergi makanan laut biasa terjadi di banyak keluarga. Jika salah satu dari keluarga Anda mengidap alergi terhadap makanan laut, maka pastikan Anda mengecek bayi Anda sebelum membiarkannya mengkonsumsi makanan tersebut.

Maka lebih baik menunggu anak Anda tumbuh lebih dari satu tahun sebelum mengenalkannya pada kelezatan makanan laut.

2. Madu

Bakteri Clostridium botulinum terkandung dalam madu. Bakteri ini menyebabkan botulisme, atau keracunan serius pada bayi. Mengapa itu tidak terjadi pada orang dewasa, lantaran orang dewasa telah memiliki kekebalan tubuh yang kuat untuk melawan bakteri tersebut.

 

2 dari 2 halaman

3. Coklat

 

Kebanyakan anak kecil suka makanan manis, khususnya coklat. Meski begitu, tahan diri Anda untuk tidak memberikan coklat pada bayi yang belum berusia lebih dari satu tahun. Jangan lupa, kafein adalah bahan utama coklat, sesuatu yang tentu tak ingin Anda berikan pada Anda.

Pastikan mengenalkan coklat secara bertahap pada anak di atas usia satu tahun dan tidak memberikannya secara sering.

4. Gandum

Gandum mengandung protein yang sulit dicerna bayi di bawah satu tahun. Terlebih lagi, gandum juga kadang mengandung gula. Tak hanya itu, banyak kasus di mana bayi mengidap alergi lantaran diberikan gandum terlalu dini.

5. Susu sapi

Jenis produk susu ini mengandung sejumlah protein dan mineral. Meski mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, tapi susu sapi tak mudah dicerna tubuh balita. Dalam sejumlah kasus ekstrim, pemberian susu sapi saat bayi belum berusia satu tahun dapat mengganggu kesehatan jantungnya.

6. Putih telur

Sama seperti kebanyakan anak-anak yang telah berusia di atas lima tahun, putih telur dapat memicu alergi pada tubu. Itulah mengapa para ibu dianjurkan untuk tidak memberikan putih telur sebagai santapan saat anak mulai berkenalan dengan makanan padat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Masa Depan Si Kecil, Deteksi Kelainan Genetik ini
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Babi Bayi Mirip Manusia di Sungai Tapung