Sukses

Curi Laptop di Kantor Walikota Palu, Peminta Sumbangan Diamuk PNS

Pelaku diketahui sebagai pemuda pengangguran yang kemudian datang ke Palu atas ajakan temannya yang juga bekerja sebagai peminta sumbangan.

Sudirman (24), seorang peminta sumbangan asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tertangkap tangan mencuri sebuah laptop di kantor Walikota Palu, Sulawesi Tengah. Akibatnya, Sudirman yang baru kali pertama menginjakkan kaki di Kota Palu untuk meminta sumbangan itu, diamuk puluhan PNS Kantor Walikota Palu. Dia babak belur, sebelum akhirnya diserahkan ke Polres Palu.

"Modus pelaku dengan berpura-pura sebagai peminta sumbangan, yang kemudian memasuki setiap ruangan yang ada di kantor Walikota," kata Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Yoseph AR Sudrajat, kepada Liputan6.com di ruang kerjanya di Polres Palu, Selasa (4/2/2014).

Komputer jinjing yang dicuri pelaku merupakan milik salah satu pegawai atas nama Husnah. Menurut Yoseph, pelaku melancarkan aksinya karena adanya kesempatan. Dan baru kali pertama pelaku melakukan aksi pencurian tersebut.

"Pengakuannya memang peminta sumbangan, namun karena ada kesempatan dia nekad mencuri," tuturnya.

Pelaku diketahui sebagai pemuda pengangguran yang kemudian datang ke Palu atas ajakan temannya, yang juga bekerja sebagai peminta sumbangan.

"Setelah beberapa hari di Palu, pelaku kemudian diajak temannya itu untuk meminta-minta sumbangan dari kantor ke kantor instansi pemerintahan, hingga masuk ke kantor Walikota," tandas Yoseph. Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KHUP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman tujuh tahun kurungan penjara. (Adm/Ism)

Baca juga:
Jalan di Palu Ambles 1 Meter
Demi Warga Afrika, `Robinhood` Eks Polisi Curi Rp 60 Miliar
Pria Curi 450 High Heels, Klepto?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.