Sukses

Tol Cipularang Ambles, Jalur Puncak Macet

Amblesnya jalan di Tol Padalarang di wilayah Dawuan, Purwakarta arah Bandung di KM 72 membuat sejumlah kendaraan dialihkan ke Puncak Bogor Jawa Barat. Hal itu berimbas kepada meningkatnya volume kendaraan yang melintas di jalur wisata tersebut.

Pengalihan kendaraan dampak amblesnya jalan Tol Cipularang pada Jumat 24 Januari 2014 malam membuat jalur Puncak didominasi kendaraan dari arah Bandung. Sejak pagi, antrean kendaraan menuju puncak terus bertambah, dari mulai Tol Jagorawi hingga Gadog.

Petugas kepolisian Polres Bogor menggunakan sistem satu jalur bagi kendaraan dari Jakarta menuju Bandung, Garut, dan Tasikmalaya untuk mengurai kemacetan.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Caniago, menyatakan pengalihan jalan tersebut akan terus dilaksanakan hingga selesainya perbaikan Tol Cipularang.

"Kendaraan akan dialihkan ke arah Puncak, belum ada informasi tepatnya kapan. Tapi jika sudah selesai perbaikan jalan ambles jalur akan kembali normal," ujar Muhammad saat dihubungi Liputan6.com di Bogor, Sabtu (25/1/14).

Kasatlantas mengimbau para pengendara agar tetap bersabar dan tetap mematuhi semua peraturan lalu lintas. Kepada warga diminta bersabar atas imbas pemberlakuan sistem satu arah tersebut.

"Jadi jangan melakukan pelambungan-pelambungan, karena jika melakukan pelambungan otomatis kendaraan dari arah berlawanan tidak bisa lewat dan yang berakibat kepada kemacetan yang semakin parah," tandas Muhammad. (Riz/Ali)

Baca juga:

Jalan Tol Cipularang Ambles, KM 72 Ditutup
Kronologi Amblesnya Ruas Tol Cipularang
Tol Cipularang Ambles, Petugas BerlakukanĀ Contra Flow