Sukses

Kebumen Gempa, Warga Solo dan Yogyakarta Panik

Warga yang berada di dalam rumah berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Gempa 6,5 SR yang mengguncang Kebumen, Jawa Tengah, terasa hingga Yogyakarta pada Sabtu (25/01/2014) siang. Warga yang berada di dalam rumah berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Andriani, salah satu warga di Gamping, Yogyakarta, menuturkan dirinya sangat kaget dan terkejut dengan gempa yang dirasakan berdurasi sekitar 7 detik itu. Saat itu dirinya tengah tidur bersama anaknya lalu menggendong ketika terjadi gempa. Bangunan rumah terasa bergetar ketika terjadi gempa.

"Kaget Mas..langsung lari bawa anakku. Rumah bergetar dan guncangan dirasakan cukup keras", ujar Andriani kepada Liputan6.com.

Gempa juga dirasakan di Solo, tepatnya di daerah Sumber, Banyuanyar, Manahan Solo. Salah satu warga Arya menuturkan, guncangan gempa di kawasan ini terasa cukup keras.

"Cukup keras. Kerasa saya langsung telepon keluarga saya di Yogja. Alhamdulillah nggak apa-apa," ucap Arya.

Info BMKG menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 6,5 SR, terjadi pukul 12.14 WIB. Pusat gempa berada di 8,48 LS, 109,17 BT (104 km Barat Daya Kebumen, Jawa tengah ). Di Kedalaman:48 Km. Lindu tak berpotensi tsunami. (Ali/Ein)

Baca juga:

Gempa Kebumen Terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat

Dampak Gempa Kebumen 6,5 SR: Rumah Roboh, Kulkas Bergeser
Gempa 6,5 SR, Air Kolam di Rumah Rustriningsih Muncrat
Gempa 6,5 SR Guncang Kebumen, Jakarta Ikut Bergoyang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Kebumen