Sukses

Tangerang Tolak Sodetan Ciliwung, Menteri PU: Alasan Warga Logis

Saat ini Kementrian PU tengah berupaya melakukan pembicaraan dengan warga dan Pemkot Tangerang.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menganggap wajar penolakan Pemkot Tangerang terhadap sodetan Kali Ciliwung yang akan dilakukan Gubernur DKI Jokowi. Sebab, warga Tangerang menganggap jika Kali Cisadane dialiri air sodetan Kali Ciliwung, maka akan berakibat banjir di Tangerang.

"Namun demikian, saya mendengar alasan-alasan mereka sangat logis. Jadi perlu kita pertimbangkan baik-baik," kata Djoko di Kementerian PU, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2014).

Meski masih mendapat penolakan warga Tangerang, namun Kementrian PU masih melakukan pembicaraan dengan warga dan Pemkot Tangerang untuk pembangunan sodetan tersebut.

"Sambil memperbaiki infrastruktur yang ada di hilir sungai Cisadane. Proses penyelesaian banjir harus dari bawah," pungkas Djoko.

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun sodetan Kali Ciliwung menuju Kali Cisadane untuk mengurangi masalah banjir Jakarta. Kendati, upaya tersebut diperkirakan tidak akan berjalan mulus, sebab Pemkot Tangerang belum menyetujui program tersebut.(Rmn/Ism)

Baca juga:

Baru Dioperasikan, Jalur Sodetan TB Simatupang Picu Kecelakaan
Pembangunan Sodetan Ciliwung-Cisadane Terancam Molor
Walikota Tangerang Tolak Sodetan Kali Ciliwung ke Cisadane

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini