Sukses

Pengamat: Wapres Boediono Tak Penuhi Timwas, Demokrat Tercoreng

Menurut pengamat, sebaiknya sang Wapres Boediono penuhi panggilan Timwas Century DPR.

Wapres Boediono menyatakan akan menolak pemanggilan Timwas Century DPR. Menurut pengamat, sebaiknya sang wapres memenuhi panggilan tersebut sebab bila tidak, akan menimbulkan kekisruhan politik baru di DPR.

"Menurut saya aspek politik dan eksesnya sulit dilepaskan dari soal ini. Karena memang dari awal proses politik sudah berjalan dalam kasus Bank Century di DPR," Direktur Political Communication Institute, Heri Budianto, dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (4/12/2013).

Selain itu, lanjut dia, bila Partai Demokrat terus saja membela Boediono dalam kasus Century, Demokrat akan mendapat serangan dari partai-partai lain. "Dan jelas ini tidak menguntungkan bagi Demokrat," ucapnya.

Menurut Heri, mestinya Wapres Boediono memenuhi panggilan Timwas dan harus menghadapinya sebagai bagian dari pertanggungjawabannya. Sebab jika tidak, akan dinilai bahwa dirinya tidak konsisten.

"Padahal, di beberapa kesempatan disampaikan oleh Boedionoo bahwa dirinya akan bertanggungjawab dunia dan akhirat terkait Century," tukas Heri.

Wakil Presiden Boediono sebelumnya menyatakan dirinya tak akan memenuhi panggilan Tim Pengawas (Timwas) Bank Century DPR. Alasannya, pemanggilan itu dapat mengganggu jalannya proses penegakan hukum yang kini sedang berlangsung di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini