Sukses

[VIDEO] Lestarikan Kuliner dengan Lomba Masak Jenang

Melestarikan warisan kuliner bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan lomba memasak. Hal itulah yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Blitar, Jawa Timur, untuk memperkenalkan dan melestarikan jenang yang merupakan makanan khas Blitar.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (13/10/2013), Festival Ngudeg Jenang ini digelar di Lapangan Brubuh Kecamatan Sutojayan, Blitar, Jawa Timur. Peserta harus mengenakan kostum yang menarik. Mereka diminta mengaduk jenang secara berkelompok. Peserta festival juga diwajibkan berjoget saat mengaduk jenang.

Jenang khas Blitar ini dibuat dari parutan buah kelapa, dicampur beras ketan dan gula. Bahan-bahan ini direbus dan diaduk diatas tungku tradisional selama 6 hingga 7 jam hingga mengental. Jenang ini lantas dituang ke dalam wadah dan ditaburi wijen untuk menambah rasa.

Lomba Ngudeg Jenang ini diikuti dari perwakilan 23 kecamatan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pemenang Festival Ngudeg Jenang ini ditentukan dari kualitas masakan jenang, kekompakan, dan kehebohan peserta saat berjoget. (Adm/Mvi)