Sukses

[VIDEO] Sushi ala Batak & Roti Belgia di Pinggir Danau Toba

Meski tanpa dimasak, naniura atau sushi ala Batak di Samosir, Sumut, ini rasanya segar dan tak bau amis.

Setiap daerah di Tanah Air memiliki ragam kuliner yang memikat. Kekuatan rempah-rempah dipadukan dengan bahan tradisional membuat hidangan dari Danau Toba dan sekitarnya menggugah selera. Jika Anda sedang berkunjung ke Medan, sebaiknya Anda juga ikut mencicipi kuliner khas Danau Toba.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (28/9/2013), satu makanan khas Batak yang bikin penasaran adalah Naniura, menu makanan olahan ikan mentah yang tidak dimasak, tetapi bisa matang setelah dicampur beragam bumbu.

"Kalau di Jepang, sushi namanya, kalau di sini Sushi Batak kali ya," kata presenter Boy Bakamaro.

Daging naniura sepintas keras jika dipotong, namun memiliki rasa yang enak. Ikan mas berasal dari Danau Toba juga berasa pedas cabai rawit. Rasanya pun segar. Bau amis ikan tidak terasa karena dominan dengan bumbu-bumbunya. Untuk campuran asamnya, sushi ala Batak ini menggunakan asam jungga. Sedangkan ikan yang matang dimasak menggunakan asam biasa.

Selain makanan tradisional, kuliner khas pesisir Pulau Samosir juga menyediakan roti ala Belgia yang menggunakan bahan seperti tepung dan gandum. Mr Fido yang asli Belgia memang jago membuat roti. Bentuk dan rasanya pun tak kalah dengan restoran terkemuka di Ibukota. Apalagi menikmatinya di pinggir Danau Toba.

Untuk selengkapnya Anda bisa menyaksikan video Jelajah Kuliner Danau Toba melalui video di bawah ini:
(Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.