Sukses

[VIDEO] Ribuan Petani Batang Tuntut Bupati Batalkan Proyek PLTU

Ribuan petani dan nelayan di Batang, Jawa Tengah, mendatangi Gedung DPRD dan Kantor Bupati setempat.

Ribuan petani dan nelayan di Batang, Jawa Tengah, mendatangi Gedung DPRD dan Kantor Bupati setempat. Mereka menolak pembangunan PLTU yang  dinilai akan merusak mata pencarian warga.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (21/9/2013) dini hari, ribuan petani dan nelayan dari Desa Ujungnegoro, Karanggeneng, Ponowareng, dan Roban itu mendatangi kantor DPRD setempat. Mereka menuntut anggota Perlemen mendukung penolakan warga terhadap pembangunan PLTU di desa mereka.

Dalam aksinya, massa membawa untaian padi sebagai lambang suburnya tanah mereka. Untuk itu, mereka sangat keberatan atas hadirnya PLTU tersebut lantaran akan mengganggu pertanian warga yang sangat subur.

Usai dari Kantor DPRD, mereka melanjutkan unjuk rasa di depan kantor bupati setempat. Ketika bupati muncul, massa justru membubarkan diri. Warga kesal lantaran pemerintah bersikeras mendirikan PLTU tanpa mengakomodir aspirasi rakyatnya.

Penolakan terhadap pembangunan PLTU sudah berulang kali terjadi. Bahkan seringkali aksi tersebut berujung bentrok. Warga mengancam akan terus melawan jika PLTU dipaksakan dibangun di desa mereka. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini