Sukses

Disebut-sebut Calon Kapolri, Kapolda Bali Naik Jabatan

Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi menggantikan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Setelah beberapa lama kosong ditinggalkan Komiaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti, akhirnya jabatan Asisten Operasi (Asops) Kapolri diisi Inspektur Jenderal Polisi Arif Wachyunadi.

Perwira yang belakangan disebut-sebut sebagai salah satu dari 9 calon Kapolri ini mendapat rotasi jabatan berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep 623/IX/2013, tanggal 9 September 2013.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan pergantian itu lantaran adanya sejumlah perwira Polri yang akan memasuki masa pensiun.

"Penggantian jabatan ini berkaitan dengan adanya beberapa Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri yang persiapan menjalani masa pensiun, sehingga ada beberapa Pati dan Pamen Polri yang berprestasi mendapatkan kesempatan promosi menempati jabatan yang ditinggalkan," kata Ronny, Jakarta, Selasa (9/9/2013).

Selain Arief juga terdapat 6 Kapolda lainnya yang mendapat promosi jabatan. Mereka yakni Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu menggantikan posisi Arief.

Kemudian, Kepala Birp Pembinaan Operasi Baharkam Polri Brigjen Pol Tatang Somantri diangkat sebagai Kapolda Bengkulu, jabatannya diisi Kombes Pol Ghufron. Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo juga dimutasi dan digantikan kepada Irjen Pol Herry Haryanto.

Sementara, jabatan Wakil Irwasum Polri dari Irjen Pol Agus Wantoro digantikan oleh Irjen Pol Bambang Suparsono yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Posisinya diisi oleh Kapolda Banten Brigjen Pol Eddy Sumantri.

"Untuk Kapolda Banten diisi oleh Brigjen Pol Muhammad Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Karokurlum Lemdikpol yang kemudian diisi oleh Kombes Pol Musyafak. Masih ada lagi yang lainnya," sambung Ronny.

Selain itu, Kapolri juga mengangkat Brigjen Andjaja yang sebelumnya Karo Srena Polri menjadi Kapolda Gorontalo. Waka Korbrimob Polri Brigjen Arie Sulistyo diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Barat.

Sedangkan, Kapolda Maluku Utara Brigjen Machfud Arifin diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Selatan. Terakhir, Kasespimma Lemdikpol Brigjen Sobri Effendi Surya diangkat menjadi Kapolda Maluku Utara.

Diketahui, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) belakangan ini merekomendasikan Arief sebagai salah satu perwira dari 9 calon yang direkomendasikan sebagai calon Kapolri.

Pada 26 Agustus lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima surat rekomendasi dari Kompolnas soal calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Dalam rekomendasi itu, lembaga pengawas kepolisian ini menyebut pengisi jabatan tersebut harus perwira aktif dalam jajaran kepolisian.

Diketahui 9 petinggi Polri yang akan bersaing menduduki kursi Kapolri menggangikan Timur Pradopo yang sudah memasuki usia pensiun yakni ;

1. Kepala Badan Reserse Kriminal, Komjen Pol Sutarman
2. Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol Anang Iskandar
3. Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komjen Pol Budi Gunawan
4. Kapolda Bali, Irjen Pol Arif Wachjunadi
5. Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno
6. Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Badrodin Haiti
7. Mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution
8. Wakil Kepala Bareskrim, Irjen Pol Anas Yusuf
9. Kepala Divisi Teknologi Informasi Polri, Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya. 


3 Pati Mutasi Naik Pangkat

Tidak hanya dimutasi, sejumlah Kapolda di wilayah hukum Indonesia juga mendapat kenaikan pangkat.

Kabag Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Agus Rianto menegaskan, ada 3 Brigadir Jenderal yang dinaikan pangkatnya menjadi Inspekstur Jenderal Polisi dalam mutasi 12 Kapolda.

"Ada beberapa kapolda yang mendapat promosi, seperti Brigadir Jenderal Budi Waseso yang menjabat Widyaiswara Utama Sespim promosi bintang 2," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, hari ini.

Diketahui, Brigadir Jenderal Polisi Budi Waseso sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. Sementara 2 perwira tinggi (pati) yang juga mendapat kenaikan pangkat adalah Brigadir Jenderal Poisil AJ. Benny Mokalu dan Brigadir Jenderal Polisi Eddy Sumantri.

Brigadir Jenderal Polisi AJ. Benny Mokalu sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bengkulu yang kemudian dimutasi menjadi Kapolda Bali. "Pak Benny Mokalu dari Kapolda tipe B menjadi tipe A maka pangkatnya dinaikan menjadi bintang 2 (Irjen Pol)," ungkap Agus.

Sedangkan Eddy Sumantri dinaikkan pangkatnya menjadi Inspektur Jenderal Polisi dan menjadi Staf Ahli bidang Sosial Budaya Kapolri. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.