Sukses

[VIDEO] Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Daerah Naik Drastis

Memasuki bulan suci Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok dan bumbu dapur naik. Lonjakan harga ini terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Memasuki bulan suci Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok dan bumbu dapur naik. Lonjakan harga ini terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (6/7/2013), memberitakan, di Pasar Keluarga Jambi, harga cabe merah keriting naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabe rawit naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilogram. Ayam potong juga melonjak dari Rp 28 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogram, sementara daging sapi naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 110 ribu per kilogram.

Di Pasar Induk Bertais, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, kenaikan tajam terjadi pada 3 komoditas utama, yakni bawang merah, cabe, dan tomat. Harga melonjak hingga 2 kali lipat.

Bawang merah naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Sementara cabe rawit naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 80 ribu per kilogram. Bahkan, harga tomat meroket dari Rp 4 ribu menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi di Polewali Mandar Sulawesi Barat. Harga ayam potong melonjak dari Rp 10 ribu menjadi Rp 49 ribu per ekor. Telur naik 30 persen menjadi Rp 33 ribu per kilogram. Sementara bawang merah mencapai Rp 45 ribu per kilogram.

Omzet para pedagang pun merosot drastis karena daya beli masyarakat menurun. Peran pemerintah untuk menstabilkan harga dan menjaga pasokan pun kini diharapkan. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini