Sukses

Polisi: Alanshia Anggota Triad China dan Bunuh Wanita dengan Keji

Korban pembunuhan Alanshia ditemukan di dalam pipa saluran air dengan kondisi hancur.

Pelaku mutilasi di Ancol, Alanshia alias Aliong (32), ternyata juga menjadi buronan Interpol terkait kasus pembunuhan di China. Di negaranya itu, Alanshia membunuh seorang perempuan bernama Liu Jan yang tinggal di Beijing.

"Tersangka ternyata juga terlibat kasus pembunuhan di negaranya. Sejak tahun 2009, dia sudah menjadi DPO dari China," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes M Iqbal di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Dalam dokumen Red Notice Interpol, tertera bahwa pada 28 Mei 2009 Liu Jan ditemukan di dalam pipa saluran air yang terdapat di Desa Dao Heji, Provinsi Heibei, China. Selain itu, jasad Liu Jan ditemukan dalam keadaan hancur berantakan. Dalam Red Notice itu pula diketahui bahwa Alanshia diancam hukuman seumur hidup di China.

Iqbal menambahkan, Alanshia juga terkait dalam geng triad di China. Oleh sebab itu, polisi berkoordinasi dengan Interpol untuk membongkar kejahatan Alanshia. "Triad kemungkinan pasti ada, kami koordinasi lagi dengan Interpol," tambah Iqbal.

Saat ini, Alanshia telah diserahkan polisi ke kejaksaan untuk dilakukan proses penuntutan. Alanshia, berikut barang bukti dibawa ke Kejaksaan Negeri Jakarta Utara menggunakkan mobil Mercedez Benz berpelat nomor B 8296 BS.

Alansia dijerat dengan Pasal 340 subsider 338 dengan ancaman penjara seumur hidup karena membunuh Tonny Arifin Djomin (45) beberapa waktu lalu. Selain itu, dia juga dikenakan UU 35 tentang Psikotropika karena kepemilikan sabu. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini