Sukses

Siap Bertarung di Trenggalek, Inilah 15 Finalis Putri Otonomi Indonesia  2024

Sebelumnya sebanyak 75 peserta yang mendaftar dan 30 lolos administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi 15 finalis di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melewati proses panjang, akhirnya dirilis 15 Finalis Putri Otonomi Indonesia (POI) 2024. Pengumuman dilakukan melalui akun resmi Instagram Apkasi, Senin (20/05/2024). Ke-15 finalis akan menjalani karantina di Kabupaten Trenggalek hingga puncak Grand Final Juara POI 2024 yang akan dilaksanakan berbarengan dengan syukuran perayaan ulang tahun ke-24 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Sebelumnya sebanyak 75 peserta yang mendaftar dan 30 lolos administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi 15 finalis di Jakarta. Mewakili Dewan Pengurus, Wakil Ketua Umum Apkasi, Joune S. Ganda menekankan bahwa melalui ajang POI 2024, Apkasi menawarkan kesempatan berbeda serta mewadahi bakat-bakat yang dimiliki para putri daerah untuk bisa berkiprah di level nasional.

"Melalui POI inilah para putri memiliki kesempatan yang sama dan pengalaman yang berbeda meskipun ia memiliki latar belakang asal dari daerah bukan dari kota. Pemenang POI telah diakui pemerintah pusat melalui kementerian dan memberikan kesempatan kepada para putri daerah untuk tampil menunjukkan leadershipnya di kancah nasional," kata Bupati Minahasa Utara ini di Jakarta, Selasa (14/05/2024).

Kegiatan POI 2024 sendiri, imbuh Joune, merupakan kegiatan pageant yang berbeda dibanding dengan pemilihan putri lainnya. Ia melihat pemenang POI tidak kalah bersaing dengan ajang pemilihan putri manapun.

"Bahkan hanya di POI inilah para pemenangnya diberikan kesempatan menjadi menteri sehari. Saya menjadi saksinya karena pemenang POI 2023 berasal dari daerah yang saya pimpin dan saya mendampingi langsung saat Juara POI 2023 diberikan kesempatan menjadi Menteri Investasi dan Kepala BKPM serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama sehari," ujarnya.

Untuk itulah Joune berpesan kepada para peserta seleksi menuju 15 finalis POI 2024 untuk tampil percaya diri dan tidak minder. "Tunjukkan bakatmu, tunjukkan potensi daerahmu dan berikan yang terbaik untuk Indonesia," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

POI Usung Konsep Baru

Sementara itu Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan, ajang POI mengusung konsep baru selama tiga tahun terakhir. "Sebelumnya kegiatan ini bernama Pemilihan Putri Otonomi Daerah dan dengan konsep baru inilah, kami ingin menekankan bahwa POI setara dengan event-event pageant di tingkat nasional," katanya.

Sarman menambahkan bahwa potensi dan bakat yang dimiliki para putri di daerah sangat luar biasa. "Sayangnya semangat mereka untuk menyalurkan bakatnya di tingkat nasional itu sangat terbatas wadahnya. Di sinilah Apkasi hadir memberikan fasilitasi melalui ajang pemilihan POI," katanya.

POI 2024, lanjut Sarman, memiliki point yang berbeda jika disandingkan dengan kegiatan sejenis lainnya. Para pemenang POI ini akan menjadi duta bagi daerah yang diwakilinya.

"Mereka bisa mempromosikan komoditas unggulan yang ada di daerahnya, baik dari sisi peluang investasi, pariwisata termasuk perdagangan. Jadi POI ini merupakan ajang strategis yang seharus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah daerah," tukasnya.

Elisha Lumintang juga memberikan semangat dengan menceritakan bahwa kesempatan menjadi menteri sehari merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya. "Di sini diberikan kesempatan mengeksplor wawasan dan pengetahuan yang saya miliki lebih dalam lagi, khususnya mengenai potensi daerah saya terkait dengan investasi, pariwisata, pertanian dan maritim. Di sini saya tambah yakin lagi melihat perkembangan dan kemajuan ekonomi Indonesia karena berinteraksi dengan ahlinya langsung," ujarnya bersemangat.

 

3 dari 3 halaman

15 Finalis POI 2024

Elisha memberikan semangat bahwa melalui POI 2024 bisa memberikan motivasi kepada generasi muda di daerah. "Walaupun kalian berasal dari kabupaten, ketika kamu menyadari potensi yang ada dalam diri kalian ditambah dengan beragam kekayaan alam Indonesia, maka kita akan bisa belajar banyak bagaimana mengelolanya, dan saya percaya itu," imbuhnya.

Grand Final POI 2024 akan digelar pada 8 Juni 2024, bersamaan dengan Malam Syukuran HUT ke-24 Apkasi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Rencananya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian akan hadir dalam syukuran tersebut. Rangkaian kegiatan HUT ke-24 Apkasi juga disemarakkan dengan kegiatan dialog nasional membahas karbon trading serta talkshow women program yang akan mengupas digitalisasi program PKK di daerah, serta pertandingan sepak bola pantai dan jalan santai susur hutan.

Berikut daftar 15 Finalis POI 2024:

  1. A.A. Istri Ananda Pramesti (Kab. Klungkung)
  2. Raphaella Chayla Shaka Lakshita (Kab. Klaten)
  3. Lisa Maulida (Kab. Deli Serdang)
  4. Laili Soimaturrohmah (Kab. Trenggalek)
  5. Luqyana Anjaryava (Kab. Serang)
  6. Anja Natalia Hariyanto (Kab. Sleman)
  7. Sela Septiana (Kab. Empat Lawang)
  8. Melvania Gifa Hantari (Kab. Bogor)
  9. Yosia Sinthabella (Kab. Barito Selatan)
  10. Devi Wava Waviq (Kab. Jember)
  11. Clarissa Vania Indriati (Kab. Kuantan Singingi)
  12. Niken Gedianlie (Kab. Dharmasraya)
  13. Rosanna Muhammad James (Kab. Minahasa Utara)
  14. Tsalsa Putri Thahira (Kab. Bandung)
  15. Ananda Dwi Putri Sinaga (Kab. Serdang Bedagai)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.