Sukses

Jelang Keberangkatan Haji, Menag Pesan ke Jemaah Siapkan Fisik dan Luruskan Niat

Menag menyampaikan dua pesan kepada jemaah haji Indonesia yang mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu 12 Mei 2024. Hal ini disampaikan Menag sepulangnya dari Arab Saudi untuk mengecek persiapan pelayanan jemaah haji di Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada besok Minggu, 12 Mei 2024. Menteri Agama (Menag) Yaqut Yaqut Cholil Qoumas pun berpesan kepada para jemaah haji Indonesia untuk menyiapkan fisik dan meluruskan niat.

Hal itu disampaikan Menag Yaqut sekembalinya dari kunjungan kerja ke Arab Saudi dalam rangka mengecek persiapan pelayanan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Menag mengatakan bahwa petugas sudah siap menyambut kedatangan jemaah haji di Arab Saudi. Kepada jemaah, Menag meyampaikan dua pesan. Pertama, supaya jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan fisik. Kedua, menjaga niat demi kelancaran ibadah haji.

"Bertepatan dengan malam hari ini, nanti kloter pertama kita akan berangkatkan. Saya harus sampaikan kepada jemaah, cuaca sudah mulai panas di sana. Kalau kemarin saya pulang, sekitar 40 derajat. Jadi, panas sekali dan itu belum puncak," ungkap Gus Men sapaan akrabnya, di Cengkareng, Sabtu (11/5/2024).

"Saya berharap agar jemaah terus menjaga staminanya. Menjaga kesehatan fisiknya, karena kita tahu haji ini pada fisik. Jadi, dihemat energinya, banyak minum vitamin," lanjut Gus Men.

"Dan yang tidak kalah penting lagi satu hal, niat harus ditata. Jadi, niatnya itu niat ibadah. Jangan membuat niat-niat yang lain di luar niat ibadah," katanya, seperti dikutip dari laman Kemenag.go.id.

Menag Yaqut mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (11/5/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. Turut hadir mendampingi Gus Men, Sekretaris Jenderal Kemenag Muhammad Ali Ramdhani dan Direktur Haji Dalam Negeri Saiful Mujab.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hotel di Madinah Sudah Siap Ditempati Jemaah Haji Indonesia

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan seluruh hotel yang berada di Madinah sudah siap digunakan jelang kedatangan jemaah haji gelombang pertama mulai 12 Mei 2024.

"Survei kemarin semua hotel sudah siap," kata Kepala Sektor 1 Madinah Suratman, dilansir dari Antara, Sabtu (11/5/2024).

Ada dua hotel yang menjadi sampel pengecekan, yakni Safwat Almadinah dan Hotel Abraj-Tabah. Keduanya berada di Markaziyah Syamaliah. Hotel Safwat Almadinah berada di sektor 1, sementara Abraj-Tabah berada di sektor 2.

Khusus untuk Abraj-Tabah, hotel ini akan menjadi pemondokan pertama yang ditempati jemaah haji gelombang pertama. Hotel Abraj-Tabah memiliki kapasitas 388 kamar dengan total 1.512 tempat tidur.

Rencananya, tiga Kloter pertama dari tiga embarkasi, yakni Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), dan Lombok (LOP) akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sekitar pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS), dengan total calon haji sebanyak 930 orang.

Mengenai fasilitas, tiap-tiap kamar memiliki perbedaan jumlah tempat tidur, mulai dua hingga lima tempat tidur. Khusus jemaah lansia mereka ditempatkan di lantai paling bawah.

3 dari 3 halaman

Disiapkan Air Minum di Tiap Lorong Hotel

Kemudian di tiap lorong hotel juga disediakan air minum isi ulang, sehingga jamaah tidak usah khawatir kekurangan air. Adapun jarak hotel ini ke Masjid Nabawi sekitar 150 meter saja.

"Kami juga menyediakan lima kursi roda dari Daker Madinah dan dua dari hotel, sehingga totalnya tujuh kursi roda," kata Penanggung Jawab Lansia Sektor 2 Madinah Luthfi anwar Mahbubi.

Sementara untuk Hotel Safwar Almadinah letaknya lebih dekat lagi dengan Masjid Nabawi, hanya sekitar 100 meter. Bahkan pintu masuk hotel langsung mengarah ke masjid bersejarah bagi umat Islam tersebut.

Akan ada tiga Kloter yang menempati hotel ini, yakni Embarkasi Batam (BTH), Makassar (UPG), dan Solo (SOC). Kedatangan akan dimulai sejak pukul 13.50 WAS dengan total 1.022 calon haji.

Sedangkan untuk fasilitas kamar tidak jauh berbeda dengan Hotel Abraj-Tabah. Tiap-tiap hotel juga terdapat satu dokter, dua perawat, dan satu petugas promosi kesehatan untuk memantau kesehatan jamaah calon haji.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.