Sukses

Jokowi Yakin China Bisa Cegah Eskalasi di Timur Tengah

Jokowi menekankan pentingnya menahan diri, mengupayakan deeskalasi, dan meminta negara-negara menggunakan pengaruhnya untuk menghindari terjadinya eskalasi di Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi membahas soal situasi yang terjadi di Timur Tengah saat melalukan pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/9/2024). Jokowi menyampaikan keyakinannya bahwa China bisa menggunakan pengaruhnya untuk mencegah eskalasi di Timur Tengah.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menekankan pentingnya menahan diri, mengupayakan deeskalasi, dan meminta negara-negara menggunakan pengaruhnya untuk menghindari terjadinya eskalasi di Timur Tengah.

"Di dalam diskusi tadi, posisi RRT dan posisi Indonesia sama di dalam isu ini. Dan Bapak Pesiden juga menyampaikan keyakinannya bahwa RRT juga akan menggunakan pengaruhnya agar eskalasi dapat dicegah," jelas Menlu RI Retno Marsudi usia mendampingi Jokowi dalam pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Menurut dia, Jokowi menekankan bahwa tak ada pihak yang ingin melihat adanya eskalasi di Timur Tengah. Indonesia sendiri terus melakukan komunikasi diplomatik dengan Iran dan Amerika Serikat.

"Bapak Presiden menyampaikan bahwa indonesia terus melakukan komunikasi diplomatik dengan berbagai pihak termasuk Iran dan Amerika Serikat," ucap Retno.

Selain itu, Retno menuturkan bahwa China menekankan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara atau two state solutions. Indonesia dan China juga sepakat bahwa penyelesaian konflik Palestina harus diselesaikan secara adil agar tercipta stabilitas di kawasan Timur Tengah.

"Tadi juga dilakukan exchange of use mengenai dukungan mayoritas negara-negara anggota PBB untuk keanggotaan penuh Palestina di PBB," tutur Retno.

"Dalam hal ini sekali lagi, posisi Indonesia dan posisi RRT sama bahwa kita mendukung penuh keanggotaan penuh Palestina di PBB," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas soal Kerja Sama IKN hingga Kereta Cepat Surabaya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Dalam pertemuan ini, Jokowi mendorong China untuk terlibat dalam kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya bidang transportasi.

"Di bidang kerja sama ekonomi, Bapak Presiden mendorong kerja sama pembangunan di IKN, termasuk untuk moda transportasi," kata Menlu RI Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Selain itu, Jokowi dan Menlu China membahas proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan kereta cepat Surabaya. Jokowi mendorong agar dilakukan alih teknologi kereta cepat Jakarta-Bandung serta percepatan penyelesaian studi kelayakan perpanjangan trase ke Surabaya.

"Bapak presiden juga mendorong implementasi proyek strategis di kawasan industri Kaltara, khususnya untuk investasi di bidang petrokimia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • timur tengah

  • PBB

Video Terkini