Sukses

Jelang Salat Idul Fitri 2024, Jemaah Masjid Istiqlal Membludak

Masjid Istiqlal Jakarta dipadati jemaah yang hendak menunaikan sholat Idul Fitri 1445 H. Para jemaah datang dari berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal Jakarta dipadati jemaah yang hendak menunaikan sholat Idul Fitri 1445 H. Para jemaah datang dari berbagai daerah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Rabu (10/4/2024) area dalam Masjid Istiqlal Jakarta sudah penuh sejak subuh hari. Mereka sengaja datang cepat agar dapat melaksanakan ibadah Salat Ied tanpa tergesa-gesa.

Selain itu, umat muslim juga semakin meramaikan pelaksanaan sholat Ied di Masjid Istiqlal. Pada pukul 06.00 WIB, jemaah bahkan antre untuk dapat masuk ke pelataran Masjid.

Di bagian luar Masjid, antrean kendaraan mobil maupun motor juga tampak padat mulai dari pintu masuk masjid hingga sekitarnya. Banyak mobil dan motor yang akhirnya parkir jauh dari area masjid Istiqlal.

Nampak, banyak kendaraan yang parkir di lokasi parkir samping Mabes TNI Angkatan Darat. Selain itu, banyak pula jemaah yang naik ojek online (ojol) yang memilih turun dan berjalan kaki menuju masjid Istiqlal.

Kondisi lalu lintas sebelum Lapangan Banteng hingga depan Gereja Katedral pun dijaga pihak kepolisian. Termasuk petugas Paspamres, mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal Salat Ied di Masjid Istiqlal.

Sementara itu, dari pengeras suara pihak Masjid Istiqlal menginformasikan bahwa Salat Ied akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024. Keputusan itu disampaikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama.

"Berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia yang masuk kriteria Mabims serta adanya laporan hilal yang terlihat disepakati bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024," ujar Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/4/2024).

Sidang isbat ini dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat penentuan 1 Syawal dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, diperkirakan ijtimak akan terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB.

Saat matahari terbenam, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia diprediksi berada di atas ufuk antara 4° 52.71' hingga 7° 37.84', dengan sudut elongasi 8° 23.68' hingga 10° 12.94'.

"Berdasarkan kriteria Mabims, posisi hilal telah memenuhi kriteria visibilitas hilal dengan tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, dalam keterangan di Jakarta, pada Selasa 2 April 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini