Sukses

Menhub Budi Karya Sumadi: Peristiwa di Tol KM 58 Adalah Pelajaran yang Mahal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berduka cita atas tragedi maut di tol Jakarta Cikampek KM 58 yang menewaskan 12 orang akibat kecelakaan dari satu bus dan dua minibus.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berduka cita atas tragedi maut di tol Jakarta Cikampek KM 58 yang menewaskan 12 orang akibat kecelakaan dari satu bus dan dua minibus.

Ia mengatakan atas insiden tes bakal jadi pembelajaran untuk kedepannya.

"Kami mengucapkan duka cita yang mendalam atas musibah di kilometer 58. Semoga arwah saudara-saudara kita itu bisa mendapat tempat di sisi Allah," kata Budi di kantor Jasa Marga KM 70, Cikampek, Jawa Barat, Senin (8/4/2024).

"Kejadian itu sendiri sama seperti yang disampaikan Pak Kapolri adalah pelajaran yang mahal, dan kita mengambil pelajaran itu untuk mempersiapkan apa yang akan kita lakukan ke depan. Baik apa yang harus kita lakukan maupun peringatan-peringatan kepada para pemudik," sambung dia.

Menurut Budi dari insiden tersebut terdapat perubahan fenomena mudik lebaran dbanding tahun 2023.

Di mana apabila di tahun lalu banyak pemudik meningkat mobilitasnya pada saat malam hari. Alhasil di siang harinya ruas jalan tol lebih renggang.

Hal itu juga menjadi penting diketahui oleh masyarakat serta menjadi bahan pembelajaran.

Disatu sisi, masih ada tahapan arus balik lebaran yang diprediksi puncaknya pada 18 April 2024. Budi berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan selama berkendara nantinya.

"Saya berpesan karena memang nanti akan kelelahan, harus ada suatu cara untuk menyelesaikan di tempat-tempat rest area dan di bahu jalan banyak yang tetap disitu," tutur Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Siapkan Formula Baru di Arus Balik Lebaran

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengevaluasi penerapan skema contra flow imbas kecelakaan maut di tol Jakarta-Cikampek KM 58 yang menyebabkan 12 orang merenggang nyawa.

Evaluasi tersebut nantinya bakal diterapkan pada saat arus balik lebaran 2024.

"Dari kejadian tadi kita evaluasi ya, kita evaluasi," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, di Pos Jasa Marga KM 70 Cikampek, Senin (8/4/2024).

Salah satunya dengan kebijakan relaksasi di sejumlah ruas jalan tol dari arah Bandung. Relaksasi itu guna mengakomodir kebutuhan pengendara.

"Waktu itu dua ribu sekian itu sempat ramai, akhirnya kita relaksasi contra flow. Kenapa contra flow, karena jarak dari (KM) 47 ke 70 ini dianggap jarak yang memungkinkan 22 kilo, ini masih memungkinkan," ucap Aan.

"Tadi ada yang bertanya rest area seperti apa, itu setelah 70 masih ada rest area, ada di 86, 102 dan sebagainya," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Beri Catatan

Kecelakaan itupun memberikan beberapa catatan pada saat arus balik.

Diantaranya dengan tidak menutup kemungkinan akan ada formula baru dalam mengawal kelancaran lalu lintas pada arus balik nantinya.

"Kita akan evaluasi dengan kejadian tadi, nanti pada arus balik, mungkin ada formula baru nanti akan kita bicarakan dengan seluruh stakeholder yang ada. Tentu semuannya ini untuk keselamatan dan kelancaran," ungkap Aan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.