Sukses

Kapolri Klaim Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Terlampaui dengan Baik

Kapolri juga mengklaim waktu tempuh pemudik yang melintasi Tol Trans Jawa tahun ini lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengklaim bahwa puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024 telah berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan Kapolri saat mengecek titik pantau di KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024) malam.

"Untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik," kata Kapolri, seperti dikutip dari Antara.

Jenderal polisi bintang empat itu mendengarkan evaluasi sementara pelaksanaan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024 saat mengecek situasi di titik pantau KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

Secara umum, kata Kapolri, pelaksanaan arus mudik di jalur tol mulai dari KM 50 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 Tol Kalikangkung mengalami peningkatan signifikan saat puncak arus.

"Tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, terjadi penambahan jumlah sekitar 6 sampai 7 (persen) dibandingkan mudik tahun 2023," kata Sigit.

Meski terjadi peningkatan arus kendaraan dengan rentang waktu tersebar pada tanggal 5, 6, 7 dan 8, arus mudik lebaran tahun ini bisa terlaksana dengan baik.

"Jadi kalau tahun 2023 itu pada H-3 (puncak arus mudik), kali ini bergeser pada H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar pada hari-hari sebelumnya," kata Sigit.

Kapolri mengapresiasi manajemen penanganan arus mudik yang sudah berjalan baik apabila dibandingkan dengan tahun 2023.

"Maka tadi didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik pada tahun 2025," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Tempuh Pemudik Lebih Cepat

Ia menambahkan, penanganan arus mudik tahun ini juga berimplikasi pada waktu tempuh pemudik menjadi lebih cepat dari biasanya.

"Dan juga terjadi peningkatan kecepatan. Untuk pencapaian dari mulai start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam, kali ini menjadi 6 hingga 7 jam. Jadi, ada perbaikan," kata Sigit.

Kapolri juga menambahkan hasil evaluasi sementara arus mudik menjadi bahan untuk persiapan menghadapi arus balik yang diprediksi terjadi pada tanggal 15 dan 16 April 2024.

"Demikian juga dengan arus balik yang akan kita hadapi sebentar lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.