Sukses

Jokowi Gelar Open House di Istana Kepresidenan Jakarta saat Lebaran, Masyarakat Umum Bisa Datang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan Jakarta pada momen Lebaran 2024. Pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung pada open house di Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan Jakarta pada momen Lebaran 2024. Pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung pada open house di Istana.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, open house di Istana akan dimulai pukul 09.00 WIB, setelah Jokowi menunaikan salat Idulfitri.

Menurut Yusuf, pihak Istana tak menyiapkan undangan sehingga pejabat dan masyarakat dapat langsung datang.

"Rencana kita akan mulai open house untuk pejabat dan masyarakat di hari Rabu Insya Allah 1 Syawal pukul 9.00. Namanya open house tentu tidak pake undangan. Jadi pejabat dan masyarakag bisa datang langsung," ujar Yusuf kepada wartawan, Senin (8/4/2024).

"Sekali lagi, open house ini tidak ada undangan. Jadi Istana membuka pintu, beliau Presiden membuka pintu baik pejabat, para tokoh, masyarakat untuk silakan datang diterima oleh beliau dalam rangka halal bi halal," jelas dia.

Ada pun masyarakat yang hadir ke acara open house harus tertib dan mengikuti aturan yang berlaku di Istana. Misalnya, memakai pakaian rapi, sepatu, dan tidak memakai jeans.

"Bebas rapi lah. Tapi enggak boleh pake jeans ya. Pake sepatu," ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan dirinya akan mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi salat Idulfitri 2024 di Masjid Istiqlal Jakarta. Setelah itu, Bahlil menuturkan Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan Jakarta.

"(Saya) Lebaran di Jakarta. Saya kan bukan dari Makassar, saya kan dari Papua. Saya ikut open house dulu, saya juga akan melakukan open house, saya ikut bersama-sama mendampingi Presiden salat Id di Isiqlal. Setelah itu, kami akan open house di sini (Istana)," kata Bahlil usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebaran Terakhir Jokowi sebagai Presiden

Menurut Bahlil, Hari Raya Idulfitri 2024 merupakan momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden. Terlebih, Jokowi terakhir kali menggelar open house Lebaran pada tahun 2019.

"Karena Bapak Presiden selama 4 tahun di periode keduanya tidak pernah open house dan ini adalah Hari Raya terakhir di masa kepemimpinan bekiau di periode kedua," ucap dia.

"Jadi rasanya sebagai pembantu, harus bersama-sama dengan Bapak dalam mengisi dan merayakan Idul Fitri ini," sambung Bahlil.

Bahlil menyebut akan banyak tokoh yang akan hadir saat open house di Istana. Sebab Jokowi merupakan sosok yang menghindari konflik dan suka merangkul semua pihak.

"Jadi menyerahkan kepada tokoh-tokoh atau seluruh masyarakat baik yang setuju dan tidak setuju dengan Bapak Presiden, ayo kita sama-sama datang ke hari raya. Ini adalah Hari Idul Fitri yang penuh maaf memaafkan untuk kita kembali kepada fitrahnya," tutup dia.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Turun Tangan, Instruksikan Para Menteri Kawal Mudik Lebaran 2024

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri untuk mengawal arus mudik dan balik Lebaran 2024, dengan memastikan pelayanan terbaik bagi sekitar 193 juta pemudik tahun ini.

"Baik itu konotasinya banyak; satu merasa nyaman, kedua merasa aman. Setiap waktu saya ditelpon ‘Pak Menteri gimana?’ Jadi jangan berpikir Presiden tidak tahu tentang (kepadatan di) Pelabuhan Ciwandan dan antrean di Merak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai mendampingi Presiden Jokowi meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (8/4/2024).

Kepada Presiden Jokowi, Budi memohon maaf atas kepadatan di Pelabuhan Merak yang disebutnya disebabkan naiknya jumlah pemudik hingga 65 persen yang menyeberang melalui laut, dan sebagian di antaranya tidak bertiket.

Atas arahan Presiden, Budi segera bergerak ke Pelabuhan Merak di Banten pada Minggu (7/4) untuk mengendalikan situasi, bekerja sama dengan Kakorlantas dan Polda setempat.

"Kami membuat grup (komunikasi) dan terus memantau dari jam ke jam, kalau ada sumbatan kami tangani. Seperti kemarin ada informasi cuaca buruk, ada stagnasi, setelah itu cepat dibuka. Pak Presiden dari hari ke hari selalu telpon (saya)," kata dia.

Sementara itu untuk angkutan kereta api, Budi menuturkan bahwa segala sesuatunya berjalan tertib dan terencana dengan baik.

"Tiket sudah diperoleh masyarakat, tidak terjadi penumpukan di sini," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Penerbangan Mudik

Budi menyebut pada mudik Lebaran tahun ini, sekitar 4,2 juta orang tercatat menggunakan moda kereta api. Penjualan tiket pun telah mencapai 99,98 persen dengan arus penumpang paling banyak tercatat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dan Stasiun Pasar Turi, Surabaya.

Untuk sektor udara, Budi menjelaskan pemerintah telah memaksimalkan utilisasi pesawat terbang.

"Dengan 420 pesawat, kita bisa meningkatkan jumlah penumpang. Artinya perjalanan bertambah, kita membuka lapangan terbang lebih sore dan lebih malam," kata dia.

Ia melaporkan kenaikan pergerakan orang mencapai 13 persen yang menggunakan jalur angkutan darat.

Menurut Budi, jalur darat yang paling menantang penanganannya adalah di Cipali, dengan rekor peningkatan pengguna jalan tol mencapai 23 persen per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.