Sukses

Prabowo Akan Bertemu Presiden Xi Jinping di China Senin Sore Ini

Prabowo sudah sampai China sejak Minggu 31 Maret 2024. Kedatangannya disambut beberapa pejabat seperti Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di China dalam rangka membina hubungan bilateral pada Senin sore (1/4/2024).

Berdasarkan siaran pers resmi dari Kementerian Pertahanan, Prabowo sudah sampai China sejak Minggu 31 Maret 2024. Kedatangannya disambut oleh beberapa pejabat seperti Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta menjelaskan, kunjungan Menhan ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional," kata Edwin Adrian Sumantha, seperti dilansir dari Antara.

Selanjutnya, setelah bertemu dengan Xi Jinping sore ini, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun, Selasa 2 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut Prabowo akan membahas soal kerja sama antara Indonesia dan China di bidang pertahanan dan keamanan negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Xi Jinping Sampaikan Selamat ke Prabowo Sebagai Presiden Terpilih

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping mengirimkam surat resmi berisi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia pada pemilihan presiden 2024.

Ucapan dari Xi Jinping ini disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo, Kamis 21 Maret 2024 di Kementerian Pertahanan.

"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (22/3/2024).

Xi mengatakan, China dan Indonesia adalah negara tetangga yang memiliki upaya bersama untuk mempercepat perkembangan hubungan bilateral, dengan prinsip saling percaya dan menguntungkan.

"Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar," ujar Xi.

"Saya berharap dapat bertemu dengan Anda secepatnya," imbuh dia.

Xi pun mendoakan agar pada pemerintahan Prabowo nantinya Indonesia dapat senantiasa makmur dan berbahagia.

"Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia," harap Xi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini