Sukses

TNI Diminta Ganti Rugi Kerusakan Rumah Warga Imbas Kebakaran Gudang Amunisi

Warga Kompleks perumahan Visalia Kota Wisata Cibubur meminta pihak TNI untuk segera mengganti rugi atas insiden kebakaran dan ledakan Gudang Munisi Daerah (Gudmurad) Kodam Jaya yang terjadi pada Sabtu 30 Maret 2024 kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kompleks perumahan Visalia Kota Wisata Cibubur meminta pihak TNI untuk segera mengganti rugi atas insiden kebakaran dan ledakan Gudang Munisi Daerah (Gudmurad) Kodam Jaya yang terjadi pada Sabtu 30 Maret 2024 kemarin.

Diketahui, komplek Visalia merupakan salah perumahan warga yang terdampak kerusakan akibat ledakan hingga terpentalnya proyektil munisi.

Ketua RW 051 Komplek Visalia, Effendi Munawan mengatakan insiden ledakan tersebut sangat dekat dengan rumah warganya. Kurang lebih jarak rumah warganya dengan lokasi kejadian hanya berjarak 200 meter.

Insiden menegangkan itu bahkan didengar langsung oleh anak-anak kecil di perumahan tersebut yang tentunya meninggalkan trauma yang membekas.

"Rumah kita itu semua kacanya bergetar, jadi kaca pecah jadi mengakibatkan anak menangis histeris kemudian trauma. Mereka bahkan sampai saat ini takut enggak mau kembali," ujar Effendi di salah satu cafe kawasan Kota Wisata Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

Oleh sebab itu Effendi bersama dengan warganya meminta pihak TNI untuk turut bertanggung jawab atas kerusakan perumahan warga yang terdampak. Salah satunya dengan merelokasi gudang penyimpanan munisi juga ada upaya perbaikan.

Sebab dari komplek Visalia tersebut, ada 33 rumah lebih dan masih akan bertambah dengan kerusakan yang bervariasi

"Kami sangat mengusulkan untuk evaluasi kedepan dan kami sangat mengusulkan relokasi," ucap dia.

"Pemulihan dari segi materi yang mana saat ini kita masih terus mendata yang mereka sudah menyampaikan keadaan rumah mereka. Ada yang kemasukan selongsong peluru dan lain sebagainya. Memang tidak ada korban jiwa sampai saat ini namun rumah mereka mengalami retak," sambung Effendi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Program Treatment

Selanjutnya meminta kepada pihak TNI untuk membuat program treatment mengingat banyak warga yang turut terdampak. Hal itu juga berlaku kepada pihak Sinarmas yang merupakan pihak pengembang Komplek Visalia.

"Untuk memberikan treatment kepada masing-masing keluarga bagaimana kami bisa tinggal di lingkungan visalia, bahkan anak-anak kami juga agar bisa kembali bermain ceria," pungkasnya.

Effendi juga menambahkan untuk dilakukan kembali penyisiran sisa proyektil di komplek Visalia. Mengingat warga masih kerap menemukan sisa-sisa munisi yang dikhawatirkan dalam kondisi masih aktif.

"Minimal kami meminta waktu selama seminggu untuk dilakukan penyisiran kembali," tutupnya.

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.