Sukses

KSAD Maruli: 150 Ribu Amunisi Kedaluwarsa Meledak dalam Insiden Kebakaran Gudang TNI

Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASD), Jenderal Maruli Simanjuntak menyebut terdapat ribuan amunisi kedaluwarsa yang meledak di Gudang Munisi Daerah (Gudmurad) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASD), Jenderal Maruli Simanjuntak menyebut terdapat ribuan amunisi kedaluwarsa yang meledak di Gudang Munisi Daerah (Gudmurad) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penyebab kebakaran tersebut diduga di faktor usia munisi yang telah berusia 10 tahun lebih menjadi lebih berbahaya.

"Tapi secara persyaratan penyimpanan barang berbahayanya kita bersyukur sampe dengan saat ini walaupun sekitar 150 ribu amunisi yang ada dalam gudang itu sampai sekarang tidak ada korban," kata Maruli kepada wartawan, Minggu (31/3/2024)

"Saya bilang berbagai macam amunisi dia penyalanya beda-beda, panas listrik ada yang tergesek ada yang bercampur ini mungkin kita evaluasi nanti," sambung dia.

Maruli menyebut di lokasi kejadian terdapat 10 gudang yang serupa menyimpan munisi. Hanya saja masing-masing gudang tersebut cukup berjarak sehingga tidak sampai memicu ledakan kegudang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amunisi Kadaluarsa Bakal Dimusnahkan

Ia melanjutkan, terhadap munisi yang disimpan di kedaluwarsa itu tentu dilakukan treatment khusus mengingat amunisi yang telah kedaluwarsa lebih rentan kebanding normalnya.

Setelahnya amunisi yang tidak terpakai lagi akan dimusnahkan alias di Disposal.

"Karena amunisi ini kan, karena kami waktu mau menggunakan sudah disiapkan, dibuka dari packnya. Selama perjalanan tidak digunakan. Setelah dicek, tidak laik lagi setelah sekian tahun. Inilah yang akan kami rencana disposal," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Dilakukan Usai Lebaran

Jendral TNI itu menyebut rencana Disposal baru akan dilaksanakan usai Lebaran nanti setelah melewati berbagai proses yang panjang.

"Terakhir harusnya memutuskan setelah Lebaran, mau di Disposal. Proses Disposal kan cukup panjang. Kami dicek lagi, betul tidak dikembalikan segitu, nanti kami lapor Mabes TNI dan Kemhan," tutur dia.

Atas kejadian ini, Jendral Maruli mengaku meminta kepada masyarakat yang terdampak akibat lontaran proyektil munisi yang semestinya bakal dimusnahkan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.