Sukses

PDIP Apresiasi Rencana Prabowo Temui Petinggi PPP: Artinya Ada Kesadaran Sejarah

Hasto menilai, rencana pertemuan itu sebagai kesadaran Prabowo untuk membantu PPP yang tengah berjuang mengajukan PHPU di MK setelah dinyatakan tidak lolos parlemen pada Pemilu 2024. Upaya itu juga akan dilakukan oleh PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, menyambut positif rencana Presiden terpilih RI periode 2024-2029 sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bertemu petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hasto menilai, rencana pertemuan itu sebagai kesadaran Prabowo untuk membantu PPP. Nilai itu, kata Hasto, sama dengan kesadaran yang dipegang teguh PDIP.

PPP berdasarkan rekapitulasi perolehan suara nasional Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hanya meraih 3,87 persen. Perolehan itu berada di bawah ambang batas parlemen 4 persen. Sehingga PPP dinyatakan tidak lolos ke Senayan.

"Kalau Pak Prabowo juga bersama-sama untuk membantu PPP, ya artinya karena kesadaran sejarah itu. Sama dengan kesadaran sejarah dari PDI Perjuangan untuk membantu PPP," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

Lebih lanjut, Hasto menyebut, PDIP juga siap membantu upaya hukum Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan PPP di Mahkamah Konstitusi (MK). Hasto, berharap MK bakal mengedepankan sikap-sikap negarawan.

"Kami juga mengimbau kepada Mahkamah Konstitusi untuk betul-betul mengedepankan sikap-sikap kenegarawanan terhadap proses hukum yang kami ajukan untuk Ganjar-Mahfud, dan juga untuk PPP," kata Hasto Kristiyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Akan Bertemu Pimpinan PPP Usai Sambangi NasDem

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum atau Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengungkapkan pihaknya tidak hanya bertemu Partai Nasdem, tapi juga akan menemui PPP.

“Bukan hanya Nasdem ya, ketemu jajaran pimpinan PPP juga, ini adalah bagian dari implementasi politik merangkulnya Pak Prabowo,” kata Habiburokhman pada wartawan, Jumat (22/3/2024).

Habiburokhman menyebut Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang juga pemenang Pilpres 2024 memang sengaja bergerak cepat menemui partai non koalisi.

“Pak Prabowo enggak mau buang-buang waktu bahwasanya kita harus gerak cepat merangkul semua elemen bangsa ini nanti jadi mulai Oktober sudah mulai langsung gas pol,” kata dia.

Meski demikian, Habiburokhman enggan menyebutkan kapan waktu pasti Prabowo mendatangi PPP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.