Sukses

5 Fakta Terkait Prabowo Bertemu dengan Surya Paloh Usai Pengumuman Pilpres 2024

Presiden terpilih Prabowo Subianto menyambangi NasDem Tower pada hari ini, Jumat (22/3/2024) di kawasan Jakarta Pusat (Jakpus). Kedatangan Prabowo pun disambut langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan cipika-cipiki.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyambangi NasDem Tower pada hari ini, Jumat (22/3/2024) di kawasan Jakarta Pusat (Jakpus). Kedatangan Prabowo pun disambut langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan cipika-cipiki.

"Apa kabar?" kata Prabowo saat turun dari mobil kepada Surya Paloh, Jumat (22/3/2024).

"Sehat," jawab Surya Paloh dengan senyum dan mengajaknya melewati karpet merah yang sudah disiapkan.

Usai pertemuan tertutup kurang lebih 1 jam, Surya Paloh menyapa Prabowo sebagai presiden terpilih dan mengenang perjalanan hubungan keduanya.

Surya Paloh mengungkapkan, kunjungan Prabowo Subianto sebagai ajang silaturahmi. Dirinya juga telah bersahabat puluhan tahun dengan Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

"Pada siang hari ini, saya dan seluruh fungsionaris DPP Partai NasDem mendapatkan kunjungan presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto, kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi, mengingat sebuah perjalanan panjang di antara hubungan personality, personal kami berdua tidak kurang hampir 40 tahun," ucap Surya Paloh.

Dia pun kembali mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran yang telah berhasil mencapai suara terbanyak pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 kali ini.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengaku sudah menawarkan kepada Surya Paloh untuk bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Tawaran itu langsung disampaikan Prabowo saat bertemu Surya Paloh.

Kepada wartawan, Surya Paloh menyatakan tawaran Prabowo itu disambut baik. Menurut Surya Paloh, bukan tidak mungkin Partai NasDem bergabung ke barisan Prabowo-Gibran. Dia menyebut peluangnya masih sama kuat, fifty-fifty atau 50-50.

"Itu fifty fifty possibility-nya," ujar Surya Paloh.

Berikut sederet fakta terkait Prabowo Subianto menyambangi NasDem Tower dan bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kedatangan Prabowo Disambut Karpet Merah di NasDem Tower

Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto menyambangi NasDem Tower di Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (22/3/2024).

Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan cipika-cipiki.

"Apa kabar?" kata Prabowo saat turun dari mobil kepada Surya Paloh, Jumat (22/3/2024).

"Sehat," jawab Surya Paloh dengan senyum dan mengajaknya melewati karpet merah yang sudah disiapkan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim membenarkan capres Prabowo akan bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Ya benar ada pertemuan tersebut siang ini," kata Taslim kepada awak media sebelum pertemuan Prabowo-Surya Paloh.

 

3 dari 6 halaman

2. Surya Paloh Akui Persahabatan dengan Prabowo Sudah Terjalin Tak Kurang dari 40 Tahun

Usai pertemuan tertutup kurang lebih 1 jam, Surya Paloh menyapa Prabowo sebagai presiden terpilih dan mengenang perjalanan hubungan keduanya.

Paloh mengungkapkan, kunjungan Prabowo sebagai ajang silaturahmi. Dirinya juga telah bersahabat puluhan tahun dengan Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

"Pada siang hari ini, saya dan seluruh fungsionaris DPP Partai NasDem mendapatkan kunjungan presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto, kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi, mengingat sebuah perjalanan panjang di antara hubungan personality, personal kami berdua tidak kurang hampir 40 tahun," kata Surya Paloh.

Paloh kembali mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran yang telah berhasil mencapai suara terbanyak pada Pilpres 2024 kali ini.

"Dan tentu kami mengucapkan sekali lagi selamat kepada Bapak Prabowo, tentu bersama Mas Gibran yang sudah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk hasil Pemilu 2024 ini," kata Paloh.

Paloh berharap, pertemuan tokoh nasional ini bisa memberikan dampak yang baik untuk pembangunan bangsa ke depannya.

"Kita menginginkan, kehadiran kami berdua dan beserta dengan para tokoh nasional lainnya di negeri ini bisa memberikan suatu penekanan yang berarti bagi progres pembangunan perjalanan kehidupan kebangsaan kita," ucap Paloh.

 

4 dari 6 halaman

3. Surya Paloh Sambut Baik Ajakan Prabowo

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku sudah menawarkan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Tawaran itu disampaikan Prabowo saat bertemu Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Kepada wartawan, Surya Paloh menyatakan tawaran Prabowo itu disambut baik. Menurut Surya Paloh, bukan tidak mungkin Partai NasDem bergabung ke barisan Prabowo-Gibran. Dia menyebut peluangnya masih sama kuat, fifty-fifty atau 50-50.

"Itu fifty fifty possibility-nya," ujar Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta.

Paloh menilai ajakan yang disampaikan Prabowo adalah bentuk penghargaan kepada Partai NasDem. Sebab, antara dirinya dan Prabowo merupakan sahabat lama.

"Itu penghargaan Pak Prabowo (kepada NasDem)," ucap Paloh.

 

5 dari 6 halaman

4. Diberi Ucapan Selamat, Prabowo Tegaskan Habis Tanding Tetap Sahabat dengan Surya Paloh

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjadi pimpinan partai pertama yang berada di luar Koalisi Indonesia Maju yang memberikan ucapan selamat usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024.

Prabowo Subianto pun menyampaikan terima kasih atas ucapan tersebut. Sebab hal itu menjadi bukti persahabatan antara dirinya dan Surya Paloh tetap terjalin meski beda jalan saat pesta demokrasi.

"Intinya adalah saya berterima kasih, saya sangat menghargai sikap NasDem setelah pertandingan, kita bersaing ya kan, tapi kita tetap bersahabat, kita tetap satu keluarga," kata Prabowo usai bersilaturahmi ke NasDem Tower Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Prabowo mengaku sudah lama kenal dengan Surya Paloh. Dia pun menyebut, sosok Surya Paloh adalah sahabat lama.

Prabowo menuturkan, saat masih muda, baik dia dan Surya Paloh punya sikap yang sama-sama keras. Tercatat, keduanya pernah berada di partai yang sama yakni Golkar, sebelum berpisah dan membangun partainya masing-masing.

"Dulu biasa sebagai anak muda memiliki sikap yang keras. Tapi dengan seiring bertambah usia kita semakin arief," kata Prabowo sambil merangkul Surya Paloh.

 

6 dari 6 halaman

5. Prabowo Tegaskan Dulu Muda Sikap Keras, Bertambah Usia Semakin Arief

Prabowo Subianto menghargai sikap Partai NasDem yang mau kembali rukun setelah Pilpres 2024 selesai. Dia mengajak para pihak bersatu membangun bangsa setelah pertandingan berakhir.

"Intinya adalah saya berterima kasih, saya sangat menghargai sikap NasDem setelah pertandingan kita bersaing ya kan, tapi kita tetap bersahabat, kita tetap satu keluarga," kata Prabowo yang berdiri di sisi kiri Paloh.

"Kita tetap cinta tanah air, sesudah pertandingan dan persaingan kita bersatu membangun bangsa Indonesia. Itu yang saya mau garis bawahi," ucap dia.

Prabowo menyebut, bahwa Paloh merupakan sahabat lamanya. Dia memahami saat muda memiliki sifat yang keras. Tapi seiring bertambah usia dia menganggap Paloh semakin arif.

"Saya kenal beliau, sahabat lama. Dulu biasa sebagai anak muda memiliki sikap yang keras. Tapi dengan seiring bertambah usia kita semakin arief," kata dia.

Lebih lanjut, Prabowo mengakui bahwa demokrasi di Indonesia belum sempurna meski sudah berjalan.

"Kita boleh bangga demokrasi kita berjalan, masih belum 100 persen sempurna, kita akui, tapi itu lah demokrasi kita," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.