Sukses

Prabowo dan Gibran Buka Puasa Bersama Usai Menang Pilpres 2024

Ini merupakan pertemuan perdana Prabowo dan Gibran usai diumumkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh KPU RI pada Rabu, 20 Maret 2024. Selain buka puasa bersama, pertemuan ini juga untuk menghadiri syukuran ulang tahun putra Prabowo, Didit Hediprasetyo.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan presiden-wakil presiden terpilih Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bertemu di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2024) sore.

Ini merupakan pertemuan perdana Prabowo dan Gibran usai diumumkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu, 20 Maret 2024.

"Pertemuan Pak Prabowo dengan Mas Gibran sore tadi pukul 17.00 - 18.00 (WIB)," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf kepada wartawan, Jumat (22/3/2024).

Dari foto yang tersebar, Prabowo tampak mengenakan kemeja bewarna biru, sedangkan Gibran memakai baju denim. Keduanya tampak berbincang serius.

Dalam pertemuan ini, Prabowo dan Gibran melakukan buka puasa bersama. Selain itu, keduanya juga menghadiri syukuran ulang tahun putra Prabowo, Didit Hediprasetyo.

"Lanjut buka puasa bersama sekalian syukuran ulang tahun Mas Didit di daerah Jakarta Selatan," ujar Aminuddin.

Pemenang Pilpres 2024

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024.

Pengumuman itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam rapat pleno di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) dini hari. Dalam rapat pleno tersebut, Hasyim menyampaikan, Prabowo-Gibran menang dengan perolehan suara 96.214.691 suara.

Dalam pengumuman tersebut, Hasyim Asy'ari juga menyebutkan perolehan suara dua pasangan calon lainnya.

Pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar mendapatkan 40.971.906 suara, sementara pasangan Ganjar Prabowo-Muhammad Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara.

Hasil rekapitulasi KPU ini mencakup perolehan suara di 38 provinsi dan 128 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Keputusan KPU ini menetapkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran adalah pemenang Pilpres 2024. Dalam Pilpres 2024, pasangan Prabowo-Gibran berhasil unggul di 36 provinsi, sedangkan pasangan Anies-Cak Imin hanya unggul di 2 provinsi lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Disambut Karpet Merah di Markas NasDem

Sebelumnya, Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto, menyambangi NasDem Tower di Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024). Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan cipika-cipiki.

"Apa kabar?" kata Prabowo saat turun dari mobil kepada Surya Paloh.

 "Sehat," jawab Surya Paloh dengan senyum dan mengajaknya melewati karpet merah yang sudah disiapkan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim membenarkan capres Prabowo akan bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Ya benar ada pertemuan tersebut siang ini," kata Taslim kepada awak media sebelum pertemuan Prabowo-Surya Paloh.

Taslim menambahkan, kegiatan keduanya adalah sebuah momentum silaturahmi. Dia menampik soal adanya pembicaraan serius, seperti soal koalisi atau rekonsiliasi.

"Mau silaturahmi, Pak Surya Paloh mau menerimanya," jelas Taslim.

Pada pertemuan ini tampak pejabat fungsionaris kedua partai, seperti Sekjen Partai Nasdem Hermawi, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni.

Kemudian dari Partai Gerindra, tampak hadir Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco.

 

3 dari 4 halaman

Surya Paloh Beri Selamat Prabowo-Gibran

Diketahui, antara NasDem dan Prabowo Subianto berseberangan saat pilpres 2024. Partai NasDem mengusung pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai wakilnya.

Namun saat Prabowo sudah resmi dinyatakan sebagai peraih suara tertinggi oleh KPU RI pada 20 Maret 2024, Surya Paloh menjadi salah satu tokoh nasional di luar koalisi Prabowo-Gibran yang mengucapkan selamat.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Paloh juga mengatakan, Partai NasDem menerima hasil pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik pemilihan anggota legislatifnya (pileg) maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres).

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif 2024, dan ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi pemilihan presiden pada pemilu 2024," dia menandasi.

4 dari 4 halaman

Prabowo Ajak NasDem Gabung Koalisi

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku sudah menawarkan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Tawaran itu disampaikan Prabowo saat bertemu Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Kepada wartawan, Surya Paloh menyatakan tawaran Prabowo itu disambut baik. Menurut Surya Paloh, bukan tidak mungkin Partai NasDem bergabung ke barisan Prabowo-Gibran. Dia menyebut peluangnya masih sama kuat, fifty-fifty atau 50-50.

"Itu fifty fifty possibility-nya," ujar Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta.

Paloh menilai ajakan yang disampaikan Prabowo adalah bentuk penghargaan kepada Partai NasDem. Sebab, antara dirinya dan Prabowo merupakan sahabat lama.

"Itu penghargaan Pak Prabowo (kepada NasDem)," ucap Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.