Sukses

Jokowi Beri Selamat ke Prabowo-Gibran Lewat Telepon, Ada Pesan Khusus?

Presiden Jokowi mengaku sudah memberikan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas penetapan KPU sebagai pemenang Pilpres 2024. Ucapan selamat itu disampaikan melalui sambungan telepon.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah memberikan ucapan selamat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres( 2024.

Jokowi menyampaikan, ucapan selamat kepada Prabowo dan Gibran itu disampaikan melalui saluran telepon.

"(Sampaikan ucapan ke Prabowo-Gibran) sudah, lewat telepon. Lewat telepon-telepon saya ucapin selamat," kata Jokowi saat ditemui usai menyaksikan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024) malam.

"Kita ucapin selamat," katanya menambahkan.

Jokow mengaku tidak memberi arahan khusus kepada paslon nomor urut 2 itu. Menurutnya, Prabowo sudah memahami apa yang terbaik untuk negara.

"(Arahan) Enggak perlu lah, Pak Prabowo sudah tahu mana yang baik untuk negara ini. Saya kira dia sudah tahu," kata Jokowi memungkasi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran unggul dengan suara sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional atau setara dengan 58,6%. Paslon nomor urut 2 ini juga dilaporkan unggul di 36 provinsi.

Sementara itu, Calon presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku mendapatkan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai dinyatakan menang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kepada Prabowo, Jokowi mengatakan bahwa setiap hari bakal ada orang yang meminta waktu untuk bertemu karena sudah menjadi pemenang pemilu. Pesan ini disampaikan Prabowo saat menghadiri acara buka puasa bersama di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Ungkap Pesan dari Jokowi

Prabowo awalnya mengungkit pepatah mengenai 'kawan sejati adalah kawan di saat susah'. Menurutnya, ketika sedang senang, akan dikelilingi oleh banyak sekali teman. Bahkan, pasti ada teman yang membawa daftar titipan.

"Kalau di saat baik, di saat senang, kawan banyak sekali. Kawan yang enggak nongol sekian tahun nongol semua. Nongol bawa daftar titipan lagi," kata Prabowo.

Barulah Prabowo mengungkap pesan Jokowi perihal akan ada banyak orang yang meminta waktu untuk bertemu setelah memenangkan Pilpres 2024. Akan tetapi, Prabowo tidak melanjutkan pernyataannya.

"Ya saya dikatakan Pak Jokowi, mengatakan 'ya Mas Bowo ya, itulah nanti Mas Bowo siap-siap saja. Apalagi masa pengalihan ini kan cukup lama, 7 bulan. Tiap hari ada yang minta ketemu. Ujungnya...'," imbuh Prabowo.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Gerindrra itu menyebut, PAN adalah partai yang mudah diajak berkawan. Bagi Prabowo, partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut adalah kawan sejati.

"Dan kalau diajak berkawan ya jadi kawan sejati. Karena, Gus Miftah, kawan tuh banyak jenisnya," ucap Prabowo Subianto.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Prabowo Berterima Kasih ke Jokowi

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dirinya ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo menyebut, Jokowi memiliki peran besar sehingga dirinya bisa terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Padahal, kata Prabowo, dirinya dan Jokowi pernah menjadi lawan dalam dua kontestasi Pilpres, yakni pada 2014 dan 2019. Dia pun memuji sikap kenegarawanan Jokowi yang mau merangkul lawan politiknya.

"Beliau rangkul dan bahkan beliau yang juga sangat besar mendorong saya sehingga hari ini saya menerima mandat dari rakyat. Karena itu, saya harus menyampaikan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada beliau," kata Prabowo dalam konferensi pers di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

"Terima kasih saya dan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo," sambungnya.

Dia mengaku akan melanjutkan program-program yang telah dibangun Jokowi selama sepuluh tahun pemerintahannya, khususnya di sektor ekonomi. Prabowo menuturkan, dirinya akan bekerja lebih cepat agar program-program pemerintahan dapat segera dirasakan masyarakat.

"Landasan yang kuat yang telah beliau bangun khususnya di bidang ekonomi akan kita gunakan untuk kita bekerja lebih cepat, bekerja lebih keras, bekerja untuk membawa hasil secepat-cepatnya kepada rakyat Indonesia," tutur Prabowo. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini