Sukses

Dinkes Tangsel Kerahkan Ambulans untuk Jemput Warganya yang Menjadi Korban Laka Cipali  

Benyamin mengatakan, korban kecelakaan Tol Cipali tidak perlu memikirkan masalah biaya penanganan, karena Pemkot akan menanggung seluruh biaya para korban.

 

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal mengerahkan armada ambulans ke sejumlah rumah sakit yang menampung korban kecelakaan Tol Cipali pada Minggu dini hari, 3 Maret 2024. Pasalnya, sebanyak 61 warga Ciputat Timur, Kota Tangsel menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.

"Saya sudah instruksikan Dinas Kesehatan untuk segera mengirimkan bantuan dan ambulans, agar proses di  rumah sakit bisa ditangani dengan baik," kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Senin (04/03/2024).

Benyamin juga memastikan bahwa penanganan lanjutan nantinya akan diberikan, termasuk apabila korban ingin melakukan pemindahan penanganan di Tangerang Selatan.

"Ya kami siapkan nanti Rumah Sakit umum kami apabilan nantinya dibutukan penanganan lanjutan hingga sembuh total," katanya.

Sebab hingga kini, terdapat korban yang sudah diperbolehkan pulang namun masih berada di IGD salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan. Benyamin juga mengatakan, korban tidak perlu memikirkan masalah biaya penanganan, karena Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan menanggung seluruh biaya para korban.

"Hal yang paling utama adalah bagaimana memastikan korban tertangani dengan baik. Dan tidak perlu memikirkan masalah biaya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, dr. Allin Hendalin mengatakan, tim medis dari Dinkes Tangsel langsung berangkat ke lokasi rumah sakit di Palimanan tempat korban di rawat.

"Ya Pak Walikota tadi sudah perintahkan, dan ini tim sedang di perjalanan menuju lokasi. Kita standby full team, tunggu info lanjutan, 2 tim PSC 119 masing-masing 3 personel sudah di lokasi rumah sakit tempat korban dirawat , mohon doanya," ujar dr. Allin.

Tim medis itu nantinya akan membantu proses penanganan korban bersama dengan pihak rumah sakit setempat.

"Kami akan lakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit yang merawat korban," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Orang Meninggal Dunia

Bus yang mengangkut puluhan warga Ciputat Timur (Ciptim), Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kecelakaan di ruas tol Cipali-Palimanan KM 179 dari arah Cirebon menuju Jakarta pada Minggu malam, (3/3/2024).

Mendengar kabar tersebut, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, menuju lokasi kejadian untuk mengecek langsung keadaan warganya.

 "Betul memang telah terjadi kecelakaan, saya turut berduka dan ini saya bergerak menuju lokasi kejadian untuk memastikan kondisi para korban, serta bantuan-bantuan yang akan segera diberikan," kata Benyamin, Senin (4/3/2024).

Berdasarkan informasi yang didapat dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan, Sutang, bus tersebut membawa rombongan peziarah warga Jalan H. Toran, Rengas Ciputat Timur, dan berjumlah 61 penumpang, dan dikabarkan satu orang meninggal dunia.

Sedangkan para korban lainnya dievakuasi ke beberapa Rumah Sakit (RS) di antaranya, RS Mitra Plumbon Cirebon, RS Mitra Plumbon Majalengka, dan RS Arjawinangun Cirebon.

Untuk itulah, Benyamin mengajak masyarakat Tangerang Selatan untuk mendoakan proses evakuasi korban berjalan dengan lancar, sehingga mereka bisa kembali pulang ke Tangerang Selatan.

"Informasinya ada 1 orang yang meninggal dunia, perempuan. Nanti saya informasikan secara detailnya ya. Saya sedang bergerak ke lokasi kejadian," terangnya.

"Mari kita doakan saudara kita yang sedang mengalami musibah di Tol Cipali, semoga proses evakuasi berjalan dengan lancar. Dan saya pastikan bantuan dari Pemkot agar mereka bisa pulang kembali ke Tangsel segera dikirimkan," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.