Sukses

Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H Diundur, Ini Alasannya

Anna menjelaskan, penundaan dikhususkan untuk PPIH Arab Saudi atau petugas non kloter yang tidak mendampingi langsung jemaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk menunda pengumuman hasil seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat. Alasannya, karena masih ada perisapan yang belum rampung.

"Hasil seleksi ini sedianya akan diumumkan pada 26 Februari 2024. Namun masih ada sejumlah persiapan sehingga diundur pengumumannya," terang Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie di Jakartac,” seperti dikutip dari siaran pers diterima, Minggu (25/2/2024)

Anna menjelaskan, penundaan dikhususkan untuk PPIH Arab Saudi atau petugas non kloter yang tidak mendampingi langsung jemaah haji.

Diketahui, seleksi PPIH Arab Saudi tingkat pusat diawali dengan proses pendaftaran dan seleksi berkas dari 11 - 19 Januari 2024. 

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama,” jelas Anna.

Anna mengungkap, peserta yang dinyatakan lolos verifikasi berkas, mengikuti seleksi Computer Assested Test (CAT) dan wawancara. Tahap ini berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 25 Januari 2024.

"Pengumuman hasil seleksi ini akan diinformasikan kemudian," jelas Anna Hasbie.

Untuk petugas kloter, kata Anna, saat ini sudah mulai mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Program ini diselenggarakan oleh masing-masing Embarkasi Haji. Diketahui, tahun ini Kemenag masih mengusung semangat Haji Ramah Lansia.

"Bimtek petugas kloter sudah mulai jalan di masing-masing embarkasi haji dari 19 Februari - 4 Maret 2024. Mereka disiapkan untuk menjadi petugas profesional sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah khususnya  pada Lansia," sebut Anna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirjen PHU Lakukan Persiapan

Selain Bimtek Petugas Kloter, saat ini Ditjen PHU terus melakukan beragam persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Di dalam negeri, pelunasan tahap I sudah ditutup pada 23 Februari 2024. Total ada 200.601 jemaah reguler yang melunasi biaya haji.

"Masih terdapat sisa kuota, sehingga dibuka pelunasan tahap II pada 13 – 26 Maret 2024,” ucap Anna Hasbie.

Di luar negeri, Tim Ditjen PHU juga bekerja keras dalam penyiapan layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, baik layanan konsumsi, transportasi, maupun akomodasi.

"Saat ini juga sedang digelar seleksi mahasiswa/mukimin di timur tengah/Arab Saudi," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini