Sukses

Top 3 News: Tujuh Fakta hingga Respons Sejumlah Pihak soal Anies Baswedan Dapat Ancaman Penembakan

Belum lama ini, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mendapat ancaman penembakan saat melakukan siaran langsung atau live di aplikasi media sosial (medsos) TikTok @aniesbaswedan. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mendapat ancaman penembakan saat melakukan siaran langsung atau live di aplikasi media sosial (medsos) TikTok @aniesbaswedan. Itulah top 3 news hari ini.

Ancaman penembakan ke Anies Baswedan tersebut datang dari salah satu warganet dengan nama akun @rifanariansyah. Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu diancam hendak ditembak di kepala. Ancaman itu disampaikan @rifanariansyah melalui kolom komentar.

Anies pun menanggapi ancaman penembakan yang viral tersebut. Dia berharap ancaman penembakan itu tidak benar-benar terjadi. Sedangkan Tim Hukum Timnas AMIN masih menunggu koordinasi untuk mengambil langkah-langkah hukum lanjutan terkait dengan ancaman penembakan yang diterima Anies Baswedan.

Sementara itu, calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto meminta masyarakat turut mensukseskan caleg yang diusung oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) memenangkan Pileg 2024.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri konsolidasi partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), relawan dan masyarakat Sumut. Adapun, acara berlangsung di GOR Pancing Medan, pada Sabtu 13 Januari 2024.

Salah satu yang dikenalkan oleh Prabowo adalah Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran yang juga politisi Golkar Meutya Hafid. Prabowo menyebut, Meutya lebih mengerti pertahanan dari yang lain-lain.

Prabowo juga mengenalkan Politisi Golkar lain seperti Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Masyarakat Sumut pun diminta untuk memilih Ahmad Doli. Selain politisi Golkar, nama Hinca Pandjaitan turut dipanggil oleh Prabowo. Dia menilai, Partai Demokrat layak untuk menjadi wakil rakyat Senayan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait munculnya Petisi 100 dari sejumlah tokoh dan mendatangi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu menyebut, ada 22 tokoh dari Petisi 100 datang ke kantornya. Di antaranya Faizal Assegaf, Marwan Batubara, Rahma Sarita, dan Letnan Jenderal TNI Mar (Purn) Suharto.

Tujuan kedatangan mereka yang tergabung dalam Petisi 100 tersebut untuk menyampaikan permintaan mengenai pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangan mereka juga untuk melaporkan dugaan kecurangan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Pihak Istana pun angkat bicara. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, masyarakat bebas menyampaikan kritik dan mimpi politiknya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 13 Januari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tujuh Fakta hingga Respons Sejumlah Pihak Terkait Anies Baswedan Dapat Ancaman Penembakan di Medsos

Belum lama ini, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mendapat ancaman penembakan saat melakukan siaran langsung atau live di aplikasi media sosial (medsos) TikTok @aniesbaswedan.

Ancaman ke Anies Baswedan tersebut datang dari salah satu warganet dengan nama akun @rifanariansyah. Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu diancam hendak ditembak di kepala. Ancaman itu disampaikan @rifanariansyah melalui kolom komentar.

Dilihat Liputan6.com, tangkapan layar komentar berisi ancaman ke Anies Baswedan itu beredar di media sosial. Tak terkecuali di media sosial X atau sebelumnya Twitter.

"Izin bapak, nembak kepala Anies hukumannya berapa lama ya?," demikian bunyi komentar tersebut, dikutip Jumat 12 Januari 2024.

Tim Hukum Timnas AMIN masih menunggu koordinasi untuk mengambil langkah-langkah hukum lanjutan terkait dengan ancaman penembakan yang diterima Anies Baswedan.

"Kami akan proses hukum. Tentu saja setelah nanti dapat arahan dari pimpinan tim hukum untuk hal tersebut," kata anggota tim hukum Timnas AMIN, Aziz Yanuar saat dikonfirmasi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Prabowo Promosikan Meutya Hafid di Sumut: Beliau Ini Lebih Mengerti Pertahanan dari yang Lain-lain

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto meminta masyarakat turut mensukseskan caleg yang diusung oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) memenangkan Pileg 2024.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri konsolidasi partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), relawan dan masyarakat Sumut.

Adapun, acara berlangsung di GOR Pancing Medan, pada Sabtu 13 Januari 2024. Salah satu yang dikenalkan oleh Prabowo adalah Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran yang juga politis Golkar, Meutya Hafid.

"Saudara dari partai manapun tolong didukung Meutya Hafid, Caleg sangat penting saya minta dimenangkan. Ini sangat membela Indonesia di Komisi I, beliau ini lebih mengerti pertahanan dari yang lain-lain. Tak ku sebut namanya lah," kata Prabowo.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tiga Fakta Munculnya Petisi 100 Minta Pemakzulan Jokowi Sebelum Pemilu 2024

Belum lama ini muncul Petisi 100 dari sejumlah tokoh dan mendatangi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu menyebut, ada 22 tokoh dari Petisi 100 datang ke kantornya. Di antaranya Faizal Assegaf, Marwan Batubara, Rahma Sarita, dan Letnan Jenderal TNI Mar (Purn) Suharto.

Tujuan kedatangan mereka yang tergabung dalam Petisi 100 tersebut untuk menyampaikan permintaan mengenai pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangan mereka juga untuk melaporkan dugaan kecurangan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Ada 22 tokoh yang datang ke kantor saya. Mereka minta pemakzulan Pak Jokowi, minta Pemilu tanpa Pak Jokowi," ujar Menko Polhukam Mahfud Md, Selasa 9 Januari 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.