Sukses

Soal Putaran Dua Pilpres, JK: Biasanya yang Ranking 2 dan 3 Bersatu

Belakangan ini mencuat kabar adanya kemungkinan akan terjadinya koalisi antara Pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan Pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini mencuat kabar adanya kemungkinan akan terjadinya koalisi antara Pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan Pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hal itu menyusul gambaran Pilpres 2024 yang kemungkinan besar melaju ke putaran kedua. Sebab sampai memasuki tahapan kampanye belum ada hasil survei yang menunjukan elektabilitas pasangan Capres-Cawapres bisa lolos satu putaran atau meraih 50 persen plus 1, termasuk pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Atas kemungkinan terjadi koalisi antara pasangan nomor urut 1 dan tiga, Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengamini adanya kemungkinan keduanya akan saling mendukung apabila Pilpres masuk putarab kedua.

“Kan sekiranya. Ya kan? Sekiranya berarti tidak pasti, tapi ada kemungkinan. Sekiranya,” ujar JK saat ditanya awak media di kediamannya, kawasan Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kubu Anies-Ganjar Bersatu?

Sebab, lanjut JK, gambaran saling mendukung pada putaran kedua kerap terjadi. Ketika Paslon yang memiliki suara urutan ketiga biasanya akan berkoalisi dengan Paslon suara kedua, agar bisa menguasai suara mayoritas.

“Biasanya yang selalu bersatu itu artinya partai yang ranking 2 dan nomor 3 biasanya itu. Sehingga bikin koalisi baru. Saya juga waktu 2004 kan banyak partai itu ada koalisi baru, tapi kita tetap menang,” kata JK.

“Ya tergantung partai masing-masing. Dan selalu begitu (polanya). Ini asal level 3 (rangking 3) maka yang menentukan suara itu yang terakhir dimana diarahkan,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Soal Komunikasi

Namun demikian terkait JK yang diketahui telah menentukan dukungan memilih Paslon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menampik, jika dirinya turut turun berkomunikasi untuk peluang koalisi kepada Paslon lain saat putaran kedua.

“Saya tidak tahu (ada komunikasi paslon satu dengan tiga) saya tidak, itu komunikasi itu biasanya dari partai ke partai,” ujarnya.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

Video Terkini