Sukses

Jokowi Hari Ini Tinjau Progres Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN

Sehari sebelumnya, Jokowi melakukan groundbreaking RSUP dan menanam pohon di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Dan di hari kedua kunjungannya di IKN, Jokowi akan meninjau progres pembangunan kompleks Istana Kepresidenan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan kerja (kunker) hari keduanya di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023).

Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden (Setpres), Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan Kantor Presiden.

Dari atas Kantor Presiden, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil meninjau perkembangan pembangunan kompleks Istana Kepresidenan.

Jokowi ingin memastikan fasilitas hingga desain bangunan Kantor Presiden dan Istana Kepresidenan sesuai dengan konsep, salah satunya adalah bilah Garuda yang menjadi ikon Istana Kepresidenan di IKN.

Selanjutnya, Jokowi melaksanakan groundbreakingdimulai dari fasilitas keamanan hingga pendidikan. Pertama, Presiden akan melaksanakan groundbreaking BSH Community Hub serta The Pakubuwono Nusantara.

Kemudian, Jokowi akan melakukan groundbreaking dua infrastruktur pertahanan dan keamanan, antara lain Komando Distrik Militer (Kodim) Ibu Kota Nusantara A dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Presiden Jokowi akan meluncurkan transportasi ramah lingkungan di IKN. Setelahnya, Presiden diagendakan untuk melaksanakan groundbreaking fasilitas pendidikan yakni Gedung II Kampus Nusantara PSDKU Universitas Gunadarma.

Pada siang hari, Jokowi dijadwalkan untuk mengunjungi pasar di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk mengecek kondisi harga di sana. Setelahnya, Presiden bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Groundbreaking RSUP di IKN

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan proyek atau groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. RSUP ini merupakan rumah sakit keempat yang dibangun di IKN.

RS yang telah melakukan groundbreaking di IKN adalah Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan Rumah Sakit Mayapada.

"Yang pertama rumah sakit Hermina, kedua rumah sakit Abdi Waluyo ketiga rumah sakit Mayapada. Dan hari ini kita groundbreaking lagi untuk rumah sakit umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah, setelah ini sudah antre lagi tiga rumah swasta," kata Jokowi di IKN seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/12/2023).

 

3 dari 4 halaman

Fokus Tangani Sakit Jantung dan Stroke

Jokowi menyebut, RSUP ini akan fokus menangani masalah jantung dan stroke. Dia berharap, dengan banyaknya RS yang dibangun di IKN, maka warga Indonesia tidak perlu berobat ke luar negeri.

"Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan RS Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang ke Amerika untuk kesehatannya Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian secara resmi meresmikan rumah sakit umum pusat IKN tersebut.

"Dengan mengucap bismillah pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking rumah sakit umum pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai, terima kasih," tutup Jokowi.

4 dari 4 halaman

Jokowi Santap Nasi Goreng Jawa di IKN

Usai melaksanakan groundbreaking sejumlah infrastruktur serta menanam pohon, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023).

Pada malam hari, tampak Presiden Jokowi yang duduk di antara Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil, menikmati malam dengan menyantap nasi goreng jawa.

Sementara itu, yang unik pada malam tersebut, terlihat empat orang juru masak dari istana turut membuat hidangan makan malam bagi Presiden dan para menteri.

Eka, salah satu juru masak dari istana menyampaikan bahwa setiap kali Presiden bermalam di IKN pihaknya akan selalu menyajikan menu yang baru kepada Presiden.

"Favoritnya suka nasi goreng, tapi yang enak-enak pasti Bapak suka sih," kata Eka.

Meski demikian, Eka menyampaikan bahwa pada malam tersebut, Presiden Jokowi tetap memesan makanan kesukaannya tersebut.

"Malam ini Bapak pesan nasi goreng jawa sama telur, terus teppanyaki," ucap Eka.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini